Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Peristiwa · 13 Des 2014 23:49 WIB ·

Bunga Bangkai Raksasa Jadi Tontonan Gratis Warga Pandaan


Bunga Bangkai Raksasa Jadi Tontonan Gratis Warga Pandaan Perbesar

Pandaan (Kabarpas.com) – Kehadiran bunga bangkai berukuran raksasa di Dusun Kanyuran, Desa Tawangrejo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, mendadak menjadi tontonan warga, mereka penasaran karena bunga bangkai tersebut belum pernah ada sebelumnya.

Rudiyanto (30), salah satu warga setempat mengatakan, bahwa kehadiran bunga bangkai itu mengundang rasa penasaran warga sekitar, setelah diketahuinya ternyata memang betul aroma bunga tersebut seperti bau bangkai.

“Setelah melihatnya secara dekat, ternyata bunga bangkai cukup indah. Namun, dibalik keindahannya tercium bau yang tidak sedap seperti bau bangkai jadi sesuai dengan nama bunga tersebut,” ucapnya kepada Kabarpas.com saat ditemui di lokasi, Sabtu (13/12/2014).

Rudi menambahkan, bahwa bunga bangkai yang memiliki nama lain Titan Arum (Amorphpophallus titanium) ini tumbuh dengan ketinggian sekitar 30 cm dan lebar sekitar 40 cm di lereng sungai Gelang. Bunga yang tergolong langka ini juga mengeluarkan bau yang sangat menyengat. “Bila bunga ini terus tumbuh, maka ini dimungkinkan ia akan mencapai ketinggiannya sekitar 4 meter dengan diameter sekitar 1,5 meter,” imbuhnya.

selain itu ia mengatakan, kalau bunga yang termasuk tumbuhan dari suku talas-talasan (araceae) ini, ditemukan saat sejumlah remaja yang sedang asyik nongkrong di warung kopi di bantaran sungai. Kala itu mereka tiba-toba mencium adanya bau yang cukup menyengat dari semak-semak bambu di tepian sungai Gelang tersebut.

“Dikarenakan adanya bau yang sangat menyengat, akhirnya para pemuda itu menelusuri sekitar sungai. Dan setelah ditelusuri ternyata bau itu dari bunga bangkai ini,” pungkasnya. (ajo/uje).

Artikel ini telah dibaca 63 kali

Baca Lainnya

Diduga Mengantuk, Mobil Sigra Plat N Hantam Pohon di Blitar Hingga Ringsek

5 April 2024 - 08:53 WIB

Akibat Dilanda Angin Kencang, Pohon Tumbang di Blitar Timpa Rumah dan Jalan Raya

12 Maret 2024 - 19:53 WIB

Hilang di Pantai Peh Pulo, Pemancing Asal Blitar Ditemukan di Pantai Serang

10 Februari 2024 - 13:44 WIB

Angin Kencang Mengamuk di Blitar, Satu Kendaraan Pikap Tertimpa Pohon Tumbang

3 Januari 2024 - 21:00 WIB

Awal November 2023, Polisi di Blitar Berhasil Ungkap Kasus Pembunuhan, Curanmor dan Pelecehan Seksual

10 November 2023 - 08:21 WIB

Pemkab Probolinggo Gelar Pasar Beras Murah, Simak Berikut Lokasi Ini…..

27 September 2023 - 19:44 WIB

Trending di Peristiwa