BPJAMSOSTEK Pasuruan Gelar Webinar Bertajuk Keselamatan dan Kesehatan Pekerja di Masa Pandemi Covid-19

Pasuruan, Kabarpas.com – BPJAMSOSTEK Pasuruan menggelar webinar bertajuk “Keselamatan dan Kesehatan Pekerja di Masa Pandemi Covid-19″. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan bulan K3 Nasional tahun 2021 yang digelar oleh BPJAMSOSTEK setempat.


Webinar ini diikuti oleh sebanyak 94 peserta, mereka merupakan perwakilan dari perusahaan yang ada di Kota dan Kabupaten Pasuruan. Kegiatan ini dibuka secara virtual oleh Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Pasuruan, Arie Fianto Syofian dan juga Wilis Tantular SE,ST.MM. selaku Wasnaker Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutanya, Arie Fianto Syofian selaku Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Pasuruan, menyampaikan bahwa dimasa pandemi Covid-19 yang hampir satu tahun ini tentunya memiliki dampak yang sangat luas, tidak hanya berdampak pada perusahaan saja akan tetapi juga pada para pekerja di berbagai sektor.

“Pandemi Covid-19 telah mengubah semua sistem tatanan dan pola kerja, sehingga masa-masa seperti saat ini menjadi momen penting untuk menyadari pentingnya penerapan budaya K3, baik para pekerja maupun pengusaha tentunya,” ujarnya.

“Disisi lain kita saat ini sedang menghadapi tantangan dengan era Revolusi Industri 4.0 yang dimotori adanya inovasi otomatisasi, Super computer, robot artificial intelligence, fleksibilitas pola kerja dan modifikasi genetic yang telah membawa perubahan di berbagai bidang,” sambungnya.


Dengan demikian, lanjut Arie, tentunya hal ini menimbulkan dampak adanya potensi bahaya yang beragam dan kompleks untuk harus diimbangi dengan upaya guna menekan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja melalui pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

“Untuk menciptakan pekerja aman dan nyaman tentunya para pekerja tak lepas dari dua aspek penting yakni jaminan sosial dan program K3 sehingga para pekerja bisa menjalankan pekerjaanya dan tentunya bisa meningkatkan produktivitas usaha,” paparnya.


Sementara Wasnaker Provinsi Jawa Timur, Wilis Tantular dalam sambutanya menyampaikan bahwa Jaminan Sosial merupakan harapan dari seluruh pekerja di tanah air untuk memproteksi diri dari resiko-resiko yang membahayaka kesehatan dan jiwanya, tentunya hal ini sudah pasti sejalan dengan program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja khusunya di lingkungan kerja.


“K3 sendiri merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja yang saat ini telah mengalami perkembagan ruang lingkup dari pendekatan pekerja menjadi kebutuhan masyarakat secara umum,” terangnya.

Selain itu, Wilis mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada BPJAMSOSTEK Pasuruan atas terselenggaranya webinar kali ini, semoga jaminan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja serta jaminan sosial bagi seluruh pekerja terus dapat berjalan secara optimal.

“Tentunya dengan meningkatnya manfaat dari program BPJAMSOSTEK, harapan kami di lapangan sudah tidak ada lagi perusahaan yang sudah menjadi peserta akan tetapi masih melakukan pelanggaran seperti mendaftarkan sebagian pekerjanya, perusahaan tidak melaporkan upah yang sebenarnya ke BPJAMSOSTEK dan tidak tertib dalam membayar iuan,” pungkasnya. (Bil/Mel).