Bos Kabarpas Raih Penghargaan dari Pabrik Aqua

Reporter: Ajo

Editor: Agus Hariyanto

 

Pasuruan, Kabarpas.com – PT. Tirta Investama (Pabrik Aqua) Keboncandi, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan, memberikan penghargaan kepada CEO Kabarpas.com, Shohibul Hujjah. Ia mendapatkan penghargaan lantaran dinilai sebagai salah satu media yang turut serta dalam mengkampanyekan isu lingkungan.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf kepada Shohibul Hujjah dalam sebuah acara Tasyakuran Desa Tenggilisrejo, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan, Jumat (31/1) malam. Selain Shohib juga ada selebriti yang sedang naik daun, Veve Zulfikar dan Ustaz Zulfikar sebagai salah satu penyanyi yang aktif mengajak anak muda untuk selalu peduli terhadap lingkungan.

“Terima kasih Aqua dan Pak Bupati Pasuruan yang sudah memberikan apresiasi dan penghargaanya kepada saya. Sejatinya ini adalah bagian tugas dari seorang jurnalis yang tidak hanya mencari berita, melainkan juga peka dan peduli terhadap lingkungan sekitar,” ungkap pria yang aktif sebagai Korda AMSI Malang Raya tersebut.

Selain itu, dalam acara yang digelar di Balai Desa Tenggilisrejo tersebut, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, juga menganugerahkan penghargaan kepada Desa Tenggilisrejo dalam pencapaian desa ODF.

Tak hanya itu, di momen yang sama PT. Tirta Investama – AQUA Keboncandi juga menerima tanda penghargaan dari Bupati Pasuruan sebagai perusahaan yang telah melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam peningkatan universal acces (jamban sehat) di wilayah Kecamatan Gondangwetan khususnya di Desa Tenggilisrejo.

“Semoga bentuk kerjasama multipihak ini dapat menginspirasi & memotivasi perusahaan lainnya untuk bersama-sama mewujudkan Pasuruan MASLAHAT,” kata pria yang akrab disapa Gus Irsyad tersebut usai memberikan penghargaan.

Pencapaian program ini adalah hasil kolaborasi multipihak yaitu dengan mitra Social Invesment Indonesia, Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan Rakyat & Kawasan Pemukinan, Kecamatan Gondangwetan, Puskesmas Gondangwetan, Forum Kabupaten Pasuruan Sehat (FKPS) dan Desa Tengilisrejo.

Dalam acara yang dibawakan oleh Trio Pelawak Abioso tersebut, dihadiri oleh Dinas Kesehatan, Dinas Perkim, Muspika Kecamatan Gondangwetan, FKPS (Forum Komunikasi Pasuruan Sehat), Kepala Puskesmas Gondangwetan, dan Kepala Desa se-Kecamatan Gondangwetan.

Di acara ini juga dilakukan Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) atau stop buang air besar sembarangan yang merupakan salah satu capaian program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang mana akses masyarakat pada jamban (sehat) sudah mencapai 100% di Desa Tenggilisrejo.

Sementara itu, Kepala Pabrik AQUA Keboncandi, M. Fahroni mengatakan, ini adalah perwujudan komitmen berkelanjutan sebagai salah satu bentuk tanggungjawab terhadap pembangunan daerah utamanya wilayah terdekat perusahaan, serta kepedulian kepada warga sekitar perusahaan dalam bentuk program WASH (Water Access Sanitation and Hygiene).

“Program kami sejalan dengan program AGAWE sebagai salah satu program unggulan bapak Bupati Pasuruan, dimana untuk akses dan kepemilikan prasarana sanitasi masih minim di masyarakat. Oleh karena itu kami melakukan kolaborasi program AGAWE di Desa Tenggilisrejo Kecamatan Gondangwetan untuk pencapaian desa ODF,” terangnya.

“Kolaborasi ini sejalan dengan visi Danone Aqua “One Planet One Health” di mana Danone Aqua percaya bahwa kesehatan lahir tidak hanya melalui makanan, minuman atau pun gaya hidup masyarakat, tetapi juga berasal dari lingkungan yang juga sehat,” pungkasnya. (ajo/gus).