Bisnis Itu Harus Ada Konsepnya…..

Oleh : Nico Tresno Prahoro, Ketua Forum UMKM Mandiri Jatim

KABARPAS.COM – PEMBACA setia Kabarpas yang budiman….. Setiap pelaku UKM harus MEMILIKI konsep bisnis bagi usahanya, agar target usaha cepat tercapai atau lebih terarah perkembangannya.

Tujuan dari konsep bisnis :
1) Memberi arah bagi perkembangan usaha, antara lain : Pelanggan yang dituju apa anak anak wanita, pria, atau umum; Produknya apa tergolong primer/utama (biasanya mamin) atau sekunder/tambahan; Tujuan membuat produk tersebut, misalnya untuk meningkatkan gizi pada anak anak ( produk mamin bakso sayur, sosis sayur), minuman tradisional/herbal, dll.
Jadi bisa fokus dan terarah dalam menjalankan usahanya.

2) Merancang Strategi Pemasaran lebih mudah, karena sudah ditentukan segmen pasar dan jenis produknya

3) Memperkirakan modal yang dibutuhkan. Modal terdiri dari uang dan tenaga kerja ( terampil dan kasar), jadi bisa dihitung hitung uang yang dibutuhkan untuk operasional dan tenaga kerja yang dibutuhkan, sehingga tidak terjadi pemborosan sia sia.

4) Menentukan dengan Siapa Mitra Kerja /Networking, hal ini untuk lebih memperlancar dan mempercepat perkembangan usaha, karena sesuatu untuk menjadi besar HARUS dengan kolaborasi dan Sinergi…. Jadi UKM Tidak bisa sendirian dalam menjalankan usahanya….

Demikian sedikit tentang Mengapa Bisnis UKM Harus memiliki konsep…. Biar tidak muter muter aja, bingung dengan cari order, bingung untuk tambahan midal, bingung mengelola kalau bisnis sudah jalan, dll. (***).