Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Dunia Islam · 19 Mei 2018 09:30 WIB ·

Berdakwah Melalui Desain


Berdakwah Melalui Desain Perbesar

Oleh : Muhammad Yordanis Salam

Artinya:
Segala puji bagi Allah, yang Maha Mengetahui dan Maha Melihat hamba-hambanya, Maha suci Allah, Dia-lah yang menciptakan bintang-bintang di langit, dan dijadikan padanya penerang dan Bulan yang bercahaya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya, yang diutus dengan kebenaran, sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan, mengajak pada kebenaran dengan izin-Nya, dan cahaya penerang bagi umatnya. Ya Allah, curahkan sholawat dan salam bagi nya dan keluarganya, yaitu doa dan keselamatan yang berlimpah.

DAKWAH adalah perintah wajib bagi siapa saja yang beriman kepada Allah Swt. Dakwah untuk menyerukan kebaikan, mengajak dalam kebajikan dan menolak hoax. Hal ini di perintahkan dalam salah satu firman Allah Subhanawataala

Artinya :
Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

Hadits tentang ajuran bagi setiap orang untuk berdakwah yaitu: “Sampaikanlah dariku walaupun satu ayat. Kalian boleh menyampaikan riwayat (yang benar) dari kalangan Bani Israil, namun juga tidak berdosa (jika kalian tidak menyampaikannya). Barangsiapa yang sengaja berdusta dengan mengatasnamakan aku, maka bersiap-siaplah masuk neraka”(H.R Bukhari).
Dari kedua dalil tersebut, dapat disimpulkan bahwasanya kita harus berdakwah, dakwah sesuai dengan kompetensi dan skill (kemampuan). Melalui pendekatan yang ilmiah dan nasihat yang santun (bil mauidhotil hasanah), agar mampu diterima kalangan masyarakat pada umumnya. Berdakwalah tanpa memecah belah ukhuwah (persaudaraan).
Saya berterima kasih kepada teman – teman yang mengajak saya kedalam sebuah wadah, yang mampu membawa karakter dakwah dan seni. Salah satu dari teman – teman adalah Dodik Nurcahyo, adalah founder @santridesign community. Beliau awalnya mengajak beberapa teman yang selama ini focus dalam bidang desain dan dakwah. Dari beberapa teman tersebut yang saling berelasi akhirnya saya untuk mencentuskan sebuah perlombaan. Lomba yang mampu mendorong semangat berkomunitas, memacu adrenalin tentunya. Yaitu menjadi ketua panitia pada agenda Haul Gus Dur dengan tema “Siapa Gus Dur”. Terkumpul ratusan karya design. Sebuah pencapaikan yang maksimal dengan durasi lomba tiga minggu saja. Ya tiga minggu kami menjaring karya beserta pengumuman di akhir tahun, bertepatan Haul Almagfurlah KH. Abdurrahman Wahid. Kami berterima kasih juga kepada AIS Nusantara dan TV9 Nusantara sebagai media partner.
Design merupakan suatu terapan ilmu yang mengunakan bahasa rupa (visual) yang disampaikan melalui media berupa desain. Desain ini mempunyai tujuan untuk mempengaruhi tidak tanduk seseorang agar dapat menyesuaikan dengan keinginan yang akan diwujudkan. Agar pesan yang diinginkan mudah dicerna maka dibutuhkan sebuah keahlian dalam menyajikan. Di era zaman now. Kemampuan untuk memberikan sajian informasi yang singkat dan padat, dapat disajikan melalui infografis. Infografis sendiri merupakan gabungan antara kata information dan graphic, adalah visualisasi data menghasilkan informasi yang dapat dipahami lebih muda dan cepat. Komponen Design tersendiri adalah estetika dan nirmana.
Estetika
Yunani : aesthesis (perasaan, seleraperasaanatautaste) adalah suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan, mempelajari semua aspek dari apa itu keindahan. Estetika ini sangan penting teman-teman, dengan estetika kita mendapatkan pengalaman dan wawasan apa itu keindahan/estetika. Dengan estetika kita mampu mengasah kreatifitas dan mengasah lebih peka terhadap visual

Gambar 1 Contoh Estetika Desain

Nirmana
Kata yang berasal dari kata Nir = Tidak Mana = Makna yaitu teknik dasar yang digunakan oleh seorang desainer untuk memcahkan sebuah problem solving, yaitu memberikan sebuah gambar yang tidak sama dan tidak bermakna agar gambar tersebut

Gambar 2 Call For Designer​Gambar 3 Jawara Lomba #SiapaGusDur
Lomba yang digagas komunitas @santridesign

________________

*Rubrik khusus “Dunia Santri Community” ini akan tayang selama bulan suci Ramadan. Semua artikel yang tayang dalam rubrik ini, merupakan tulisan para santri – santri pilihan yang kece dan inspiratif, yang berasal dari berbagai pesantren di Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 86 kali

Baca Lainnya

Inilah Keutamaan Bulan Syawal Menurut KH Ishomuddin Ma’shum

12 Juni 2019 - 14:27 WIB

Alabama Gelar Solawat Masjid ke Masjid di Kabupaten Malang

25 November 2018 - 09:43 WIB

Inginkan Capres Dari Kalangan Pesantren, Santri dan Mahasiswa Kabupaten Pasuruan Deklarasikan CIA

14 Februari 2018 - 21:02 WIB

Penceramah Tidak Kompeten Masuk TV? Gus Ali: Mereka Kuasai Jaringan

5 Desember 2017 - 23:17 WIB

Semanggi Fair, Semangat Generasi Islam Peduli Budaya dan Kreatif

20 November 2017 - 14:09 WIB

Pembangunan Masjid An-Nur Sidoarjo Habiskan Biaya Rp 30 Miliar

19 November 2017 - 14:28 WIB

Trending di Dunia Islam