Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Berita Pasuruan · 2 Apr 2024 16:14 WIB ·

Baznas Jatim Salurkan Santunan untuk 1000 Yatim Piatu di Pasuruan


Baznas Jatim Salurkan Santunan untuk 1000 Yatim Piatu di Pasuruan Perbesar

Pasuruan, Kabarpas.com – Baznas Jawa Timur menyalurkan santunan untuk 1000 anak yatim piatu di Kabupaten Pasuruan. Penyaluran santunan tersebut digelar di Aula Kantor PCNU Kabupaten Pasuruan dan disaksikan oleh Ketua PP Muslimat, Khofifah Indar Parawansa. Kemudian Ketua Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Provinsi Jawa Timur, K.H. Ali Maschan Moesa; Ketua CPCNU Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamakkin dan ulama lainnya.

Dalam sambutannya, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Akhmad Jazuli mengatakan, penyaluran santunan ini merupakan wujud nyata tanggung jawab pemerintah bersama Baznas. Dimana selama ini, Baznas Jatim sangat aktif menghimpun zakat, infak dan sedekah dari seluruh elemen masyarakat.

Apabila sudah terkumpul, maka langsung disalurkan kembali kepada mereka yang berhak menerima.

“Kami keliling Safari Ramadhan 2024 dengan menyalurkan santunan kepada seribu anak yatim dan piatu di kota/Kabupaten di Jawa Timur, dan siang ini kami kie Kabupaten Pasuruan,” katanya.

Dijelaskannya, penyaluran santunan kepada 1000 anak yatim dan piatu merupakan bukti bahwa Baznas hadir untuk membantu pemerintah. Khususnya dalam rangka menurunkan angka kemiskinan serta memberikan bantuan modal usaha bagi para pelaku UMKM dan usaha ultra mikro.

“Kami hadir untuk membantu pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan serta memberikan bantuan modal bagi para pelaku UMKM dan usaha ultra mikro di seluruh daerah di Jatim, termasuk di Kabupaten Pasuruan,” jelasnya.

Ke depan, penyaluran santunan untuk yatim piatu maupun kegiatan lain seperti pemberian zakat produktif hingga bantuan kepada korban bencana merupakan program rutin yang akan terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang.

“Mudah-mudahan tahun depan jumlah anak yatim piatu yang menerima bantuan semakin banyak,” jelasnya .

Sementara itu, Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto mengaku berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah memberikan santunan kepada anak yatim dan piatu di Kabupaten Pasuruan.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Pasuruan juga telah menyalurkan zakat, infaq dan shodaqoh para karyawan kepada Baznas Kabupaten Pasuruan, dan setelah terkumpul semuanya, maka akan langsung disalurkan kepada warga kurang mampu yang membutuhkannya.

“Kalau tidak salah hari ini atau besok adalah pengumpulan zakat, infaq dan shodaqoh terakhir dari para karyawan maupun karyawati Pemkab Pasuruan. Setelah terkumpul semua, kami harapkan bisa langsung disalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah,” pungkasnya. (emn/gus).

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

MPM Honda Jatim Ajak Kartini Masa Kini & Masa Depan #Cari_aman Berkendara

20 April 2024 - 14:05 WIB

Halal Bihalal Bani PBNU

20 April 2024 - 13:48 WIB

Peringatan Harjakapro ke-278, Pj Ugas Ajak Masyarakat Mengenang Sejarah Kabupaten Probolinggo yang Bermula dari Kerajaan Majapahit

20 April 2024 - 13:14 WIB

Ribuan Warga Nikmati Balik ke Tempat Kerja dengan Fasilitas Transportasi Gratis dari Kemenag

20 April 2024 - 12:45 WIB

#Cari_Aman Berkendara Saat Arus Balik. Perhatikan Hal Ini

19 April 2024 - 15:06 WIB

Refleksi 7 Tahun AMSI Berkarya

18 April 2024 - 16:01 WIB

Trending di KABAR NUSANTARA