Banjir Surut, Warga Gempol Mulai Sibuk Bersih-bersih Rumah

Pasuruan (Kabarpas.com) – Banjir yang melanda tiga desa di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan yang terjadi sejak Senin (15/02/2016) kemarin akhirnya pada Kamis (18/02/2016) siang ini mulai surut. Sejumlah warga mulai membersihkan genangan air yang sebelumnya masuk ke dalam rumah mereka.

Pantauan Kabarpas.com di lokasi, sejumlah warga di Desa/Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, terlihat sibuk membersihkan rumahnya yang sudah tidak digenangi air banjir selama tiga hari tersebut. Mereka membersihkan lantai yang banyak dengan lumpur, serta perabotan yang berada di lemari bagian bawah.

Bahkan, kondisi rumah warga setempat ada yang masih terlihat cukup kotor, lantaran berasal dari lumpur bekas banjir yang masuk ke rumah mereka. Kondisi itu memaksa mereka harus ektra keras untuk membersihkannya.

“Kejadian ini diduga karena saluran irigasi yang tersumbat. Juga semakin banyaknya perumahan berdiri serta jalan yang ditutupi beton. Sehingga tidak ada lagi resapan air,” ujar Mustain salah satu warga kepada Kabarpas.com saat ditemui di lokasi.

Ia menambahkan, banjir kali ini merupakan terburuk dalam bencana banjir yang ada di desanya tersebut. Sebab selama ini kata Mustain di desanya biasanya banjirnya segera surut dan tidak berlangsung lama.
“Banjir kali ini terparah di desa kami, sebab selama puluhan tahun saya tinggal di sini tidak pernah adanya banjir separah sekarang ini,” pungkasnya. (jon/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *