Banjir Kiriman Bromo Surut, Puluhan Personil Polres Probolinggo Bantu Warga Kerja Bhakti

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Agus Hariyanto

Probolinggo, Kabarpas.com – Banjir setinggi hingga 1  meter yang merendam beberapa pemukiman  warga dan genangi jalan  Prof. Hamka, Kota Probolinggo, kini sudah surut. Untuk itulah jajaran Polres Probolinggo turun ke lapangan untuk membantu warga kerja bhakti bersih -bersih dari sisa kotoran banjir.

“Alhamdulillah banjir kiriman gunung bromo yang terjadi di Kelurahan Kareng dan Kedopok pada Jumat malam kini sudah surut,” ujar Wakapolres Probolinggo Kota, Kompol Teguh Santoso kepada Kabarpas.com. Sabtu (27/2/2021).

Teguh menambahkan, dalam kerja bakti ini Polres Probolinggo Kota tidak sendiri tetapi bersama jajaran BPBD, TNI, dan Tagana. Pihaknya melakukan pembersihan jalan dari tumpukan pohon dan sampah yang masih menggunung di pinggir jalan untuk segera dievakuasi dengan menggunakan alat berat.  Sedangkan untuk jajaran TNI-Polri, membantu kerja bakti membersihkan rumah warga yang masih dipenuhi dengan lumpur dan air kotor.

“Memang personil kita bagi, agar pelaksanaan kegiatan hari ini bisa efisien dan cepat selesai. Kami juga masih standby sebagai langkah antispasi apabila hujan deras kembali datang,” terangnya.

Menurutnya, kegiatan ini adalah kelanjutan kegiatan dari kemarin malam saat kepolisan menerjunkan personel bersama dengan BPBD, Tagana, untuk melakukan evakuasi dan pemantauan rumah yang sudah terendam banjir. Tim gabungan ini fokus untuk evakuasi takut ada warga yang mungkin terjebak.

“Kegiatan ini kelanjutan semalam, dan hari ini pasukan kita kerahkan untuk membantu warga bersih-bersih,” tutupnya. (wil/gus).