Bangun Sinergitas, TP PKK Kota Pasuruan Silaturahmi ke TP PKK Kabupaten Pasuruan

Pasuruan, Kabarpas.com – TP PKK Kota Pasuruan melaksanakan kunjungan ke TP PKK Kabupaten Pasuruan dalam rangka memperat tali silaturrahmi dan membangun sinergitas antara TP PKK Kota dan Kabupaten.

TP PKK Kota Pasuruan diterima di Aula Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti Kabupaten Pasuruan, Selasa (21/06/2022). Dan tentunya disambut langsung oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Pasuruan Hj. Lulis Irsyad Yusuf, SE (Lulis) beserta seluruh jajaran pengurus.

Dalam sambutannya Lulis mengatakan sangat senang mendapatkan kunjungan dari TP PKK Kota Pasuruan

“Saya sangat senang sekali mendapatkan kunjungan dari TP PKK Kota Pasuruan, tetangga sebelah. Semenjak saya menjabat menjadi Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan kurang lebih 9 tahun, baru kali ini, menerima kunjungan dari TP PKK tetangga, ” ujar Lulis saat memberi sambutan selamat datang

Dalam pertemuan tersebut, Lulis memaparkan program kerja, dan susunan pengurus PKK Kabupaten Pasuruan. Dimana rata-rata merupakan isteri dari Kepala OPD, Organisasi Perangkat Daerah.

“Pengurus PKK Kabupaten Pasuruan banyak saya ambil dari isteri dari kepala perangkat daerah. Ini bermaksud agar mempermudah menyelenggarakan kegiatan. Karena anggaran PKK sendiri tidak banyak, sehingga dengan adanya isteri OPD ini setidaknya membuat kegiatan PKK bisa lebih lancar, karena mempermudah urusannya dengan dinas terkait,” ujar Lulis

Ketua TP PKK Kota Pasuruan Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan yang telah bersedia menyambut dengan baik rombongan dari PKK Kota Pasuruan.

“Saya mewakili ibu-ibu dari TP PKK Kota Pasuruan mengucapkan terimakasih kepada Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan yang berkenan menerima kunjungan dari kami. Selain untuk menjalin tali silaturahmi juga ingin ngangsu kaweruh sesama Tim Penggerak PKK se Pasuruan Raya. Saya juga mendengar ibu-ibu sangat antusias dan semangat sekali untuk mempersiapkan kehadiran kami, tamu yang datangnya sangat jauh dan membutuhkan waktu berjam-jam perjalanan ini,” canda Fatma.

Dalam kunjungan tersebut Fatma juga berkesempatan menyampaikan dan menggambarkan secara singkat profil dari PKK Kota Pasuruan beserta kegiatan yang selama ini dilakukan.

“PKK Kota Pasuruan akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui Tim Penggerak PKK di semua tingkatan, yang keanggotaan terdiri dari masyarakat dan juga para Isteri Kepala OPD yang kegiatannya didukung dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah,” jelas Fatma

Usai melakukan kunjungan ke TP PKK Kabupaten Pasuruan, Fatma beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke Mall Pelayanan Publik milik Pemerintah Kota dan Gedung Harmonie salah satu cagar budaya milik Yayasan Pendidikan Untung Suropati yang memiliki nilai sejarah di Kota Pasuruan.

Gedung Harmoni ini merupakan gedung tertua peninggalan zaman Belanda, dimana sekitar tahun 1850-1860 Kota Pasuruan merupakan kota komersial di Jawa, sehingga banyak pedagang dari Eropa membangun rumah dan kantornya disini dan sekarang dipergunakan sebagai kantor Kepala Sekolah dan staff SMK Untung Suropati Kota Pasuruan

Dalam kesempatan tersebut, Suprijadi Kepala Sekolah SMK Untung Suropati Pasuruan menceritakan kepada Fatma, bahwa dulunya Gedung Harmonie ini digunakan sebagai tempat pertunjukan, berkesenisn dan juga terkenal sebagai tempat adu gengsi kemampuan.

“Yaaa, seperti yang diceritakan tadi, ternyata di jaman dahulu Gedung ini sebagai tempat pertunjukan, mungkin semacam seni teater atau opera. Maka saat ini Walikota Gus Ipul menginginkan Gedung Harmonie dikembalikan seperti semula, agar dapat digunakan untuk berkesenian lagi, saat ini sedikit-sedikit di rapikan kembali agar lebih bermanfaat,” pungkas Fatma. (ajo/ida).