Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Pasuruan · 5 Apr 2024 10:38 WIB ·

Apel Bersama Satpol PP, Gus Ipul: Perbanyak Patroli, Disiplinkan Diri Sebelum Medisiplinkan Masyarakat


Apel Bersama Satpol PP, Gus Ipul: Perbanyak Patroli, Disiplinkan Diri Sebelum Medisiplinkan Masyarakat Perbesar

Pasuruan, Kabarpas.com -Wali Kota Pasuruan, Drs H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memimpin apel bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan pada Jumat (5/4) pagi di lapangan gedung kesenian Darmoyudo. Momen ini menjadi kesempatan Wali Kota untuk menguatkan komitmen para penegak perda ini akan pentingnya tugas dan tanggung jawab sebagai salah satu unsur pendukung terwujudnya visu Pasuruan Kota Madinah (Maju Ekonominya, Indah Kotanya, Harmoni Warganya)

Menurutnya, Satpol PP sebagai institusi yang diberi tugas menegakkan peraturan daerah harus menyadari bahwa sebelum menegakkan disiplin di tengah-tengah masyarakat, maka harus dimulai dari mendisiplinkan diri sendiri.

“Jika kita sudah disiplin, akan dihormati oleh orang lain yang akan ditertibkan. Namun jika diri sendiri masih belum disiplin, pasti orang lain tidak mau mengikuti apa yang menjadi tanggung jawab kita,” ujar Gus Ipul.

Untuk itu, Ia ingin agar para personel Satpol PP meningkatkan disiplin mulai dari hal-hal kecil. Ia mencontohkan bagaimana kedisiplinan diterapkan dalam presensi kehadiran, disiplin melaksanakan tugas sesuai prosedur, hingga disiplin mengelola anggaran beserta administrasinya.

Lebih lanjut, Gus Ipul mengatakan bahwa kinerja Pemkot Pasuruan yang sudah baik akan sangat disayangkan jika tertutupi oleh ketidakdisiplinan yang dilakukan, baik dari aparaturnya sendiri maupun masyarakat. Apalagi, lanjut Gus Ipul, kinerja Satpol PP sangat mudah terlihat ketika masih ditemukan banyak pelanggaran peraturan daerah oleh masyarakat.

“Kerja Anda akan mudah terlihat. Misalnya di perempatan masih banyak pengemis, pengamen, yang itu sebenarnya harus ditertibkan, maka kinerja Satpol PP bisa dikatakan kurang maksimal,” tegasnya.

Kedepan, Gus Ipul menginginkan peningkatan kinerja di tubuh Satpol PP. Ia menegaskan harus ada manajemen pengelolaan personel yang tepat.

“Saya berharap kerja panjenengan semuanya lebih fokus. Bikin mekanisme dan sistem kerja yang membuat masyarakat merasa bahwa Satpol PP ini bekerja. Perbanyak Patroli,” serunya.

Ia yakin dengan semakin seringnya patroli yang dilakukan, maka masyarakat akan berpikir dua kali ketika akan melakukan pelanggaran. Terutama bagi para oknum pelanggar peraturan yang sering ditemukan di kawasan alun-alun.

Gus Ipul mengharapkan agar Satpol PP ikut berkomitmen menjaga ketertiban di kawasan alun-alun, baik kedisiplinan pengunjung, PKL, maupun pengamen. Terlebih menjelang libur lebaran yang diprediksi akan menyedot banyak pengunjung di alun-alun Kota Pasuruan. Sinergi dengan personel Dinas Perhubungan juga diperlukan untuk menjaga kondusifitas kawasan alun-alun di masa lebaran.

“Tolong ini dijadikan catatan serius. Saling mengingatkan antar personel. Jika ada personel yang melanggar, jangan ikut-ikutan, harus dinasehati,” pungkasnya. (dit/gus).

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

AHM Luncurkan Rebel 1100 Bagi Pecinta Big Bike Cruiser, Segini Harga di Jatim

15 Juni 2024 - 11:49 WIB

FGD Optimalisasi dan Efisiensi PJU, Dishub Probolinggo Terima Studi Tiru Dishub Kabupaten Nganjuk

15 Juni 2024 - 11:41 WIB

Freddy Poernomo Minta Kaum Muda Harus Kritis dan Tak Boleh Diam dalam Berdemokrasi

14 Juni 2024 - 19:43 WIB

Puncak Peringatan HLUN ke-28, Gus Ipul Dukung Lansia Sehat dan Mandiri

14 Juni 2024 - 19:29 WIB

Breaking News! Penjual Ikan Keliling di Pasuruan Tewas Ditabrak KA Pandalungan

14 Juni 2024 - 11:02 WIB

Puluhan Pelajar di Kota Pasuruan Bertanding di O2SN Cabor Renang

14 Juni 2024 - 09:13 WIB

Trending di Berita Pasuruan