Apa Manfaat Branding Bagi UKM…?

Oleh : Nico Tresno Prahoro, Ketua Forum UMKM Mandiri Jatim

KABARPAS.COM – PEMBACA setia Kabarpas yang budiman… Sengaja saya menulis tentang Branding berturut-turut, kenapa..? Karena Branding merupakan Kunci Sukses bisnis bagi UKM ( tentunya juga bagi pengusaha besar).

Ibarat seorang pegawai/karyawan pasti ada kariernya, mulai pegawai/staf biasa naik menjadi Supervisior/Kepala Seksie.. terus naik menjadi Manager/Kepala Bagian.. dst. Tidak mungkin hanya puas hanya menjadi staf/pegawai saja, pasti ingin naik kariernya karena ini manusiawi.
Bagi UKM Bagaimana..? Ya sama, harus ada naik kelas/Class Up, Apa ukurannya…? Ukuranya adalah Produknya udah Branding itu aja yang paling gampang.

Manfaat Branding.:

1) Produk anda terkenal di masyarakat, sehingga bisnis anda akan kuat di pasar.
2) Kepercayaan masyarakat, khususnya konsumen akan meningkat sehingga loyalitas pelanggan akan kuat
3) Menciptakan Simbiosis dengan konsumen. Konsumen akan bangga dan puas dengan produk yang branding, sedangkan Perusahaan/UKM akan menjadi kuat dalam perkembangan bisnisnya.

Dengan kata lain, kalau Branding sudah tercipta maka UKM sudah tidak bingung cari pasar/pelanggan, produk kita akan dicari pelanggan, uang akan datang sendiri, dll. Hanya tinggal mempertahankan kualitas produk dan menjaga pelayanan yang baik kepada konsumen.

Saya percaya, kalau teman-teman UKM pasti ingin naik kelas dengan cara Branding Produknya… Semoga menjadi Pemacu Semangat… Amiin. (***).