Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Probolinggo · 10 Jan 2024 20:23 WIB ·

Antisipasi Kebakaran, Damkar Cek Fungsi APAR dan Hydrant Sekretariat DPRD Kabupaten Probolinggo


Antisipasi Kebakaran, Damkar Cek Fungsi APAR dan Hydrant Sekretariat DPRD Kabupaten Probolinggo Perbesar

Probolinggo, Kabarpas.com – Sebagai upaya untuk mengatisipasi terjadinya bencana kebakaran, fungsi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan hydrant yang ada di lingkungan Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Probolinggo dicek oleh personil dari pemadam kebakaran (damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo.

Pengecekan yang melibatkan personil Damkar ini dipimpin langsung oleh Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto dan Sekretaris DPRD Kabupaten Probolinggo Yulius Christian.

Sebelum pengecekan dilakukan, terlebih dahulu dilakukan apel bersama yang diikuti oleh personil Damkar dan staf dari Sekretariat DPRD Kabupaten Probolinggo. Selanjutnya, para personil Damkar melakukan pengecekan fungsi hydrant serta APAR yang ada di setiap ruangan Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Probolinggo.

Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto menyampaikan kegiatan ini merupakan pengecekan rutin fungsi APAR dan hydrant yang ada di masing-masing OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

“Sekretariat DPRD Kabupaten Probolinggo adalah OPD pertama di Kabupaten Probolinggo yang mempunyai inisiatif meminta untuk kita cek APAR-nya. Terima kasih kepada tim Pak Yulius (Sekretaris DPRD Kabupaten Probolinggo, Red) yang punya inisiatif bagaimana mengantisipasi bencana kebakaran,” ujarnya.

Namun demikian, Sugeng berharap mudah-mudahan tidak ada bencana kebakaran. “Paling tidak kita akan memberikan ilmu dasar kepada teman-teman Sekretariat DPRD bagaimana mengatasi api kecil yang nantinya kepada api besar,” jelasnya.

Sugeng mengharapkan ke depan, semua OPD fungsi damkarnya dipastikan berjalan dengan baik, termasuk hydrantnya. Selain itu, SDM yang ada di OPD paling tidak bisa mengetahui ilmu dasar jika mana ada proses pemadaman bencana kebakaran yang disebabkan api kecil. Dari api kecil sudah punya ilmu sehingga bisa mematikan api kecil.

“Kami menghimbau kepada OPD agar persoalan pemakaian listrik betul-betul di cek yang benar terkait dengan standarisasi kabel aliran dan yang lainnya,” tegasnya.

Sementara Sekretaris DPRD Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengatakan sebagaimana fungsi dari DPRD bagaimana menciptakan kantor untuk pimpinan dan anggota DPRD yang aman dan nyaman.

“Termasuk juga aman dan nyaman dari bahaya kebakaran. Jadi disini pertama kita ingin ricek kembali apakah APAR dan hydrant berfungsi dengan baik atau tidak. Kalau tidak tentunya akan kita ganti dan akan kita perbaiki,” katanya.

Selain itu jelas Yulius, pihaknya ingin menyiapkan SDM. Ketika terjadi kebakaran, staf DPRD sudah siap dan siaga apa yang akan dilakukan. “Mudah-mudahan teman-teman di DPRD bisa mengantisipasi sehingga bahaya kebakaran tidak terjadi di kantor DPRD serta tahu tindakan apa yang harus dilakukan untuk mencegah kebakaran,” pungkasnya. (len/gus).

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

M Firman Taufik Terpilih sebagai Ketua Umum Himpuh Periode 2024-2028

1 Maret 2024 - 19:25 WIB

Disporapar Probolinggo Berikan Sosialisasi Pendaftaran HKI

1 Maret 2024 - 19:07 WIB

Layar Drama Indonesia Terbaru RCTI, Cinta Berakhir Bahagia Segera Tayang!

1 Maret 2024 - 15:06 WIB

Komisi IV DPRD Trenggalek Gelar Raker Bersama OPD Mitra Bahas Pelaksanaan APBD 2024

1 Maret 2024 - 08:13 WIB

Ini Pesan Pj Bupati Ugas Saat Lantik 14 Pejabat Eselon III

1 Maret 2024 - 08:04 WIB

Caleg PKS Komarudin Ajukan Nota Keberatan Pelaksanaan PSU ke Bawaslu

29 Februari 2024 - 21:15 WIB

Trending di Kabar Terkini