Antisipasi Banjir Susulan, Gus Ipul Larang Lurah dan Camat Tinggalkan Pasuruan

Pasuruan, Kabarpas.com – Hingga malam ini tim gabungan masih terus melakukan pembersihan Paska banjir yang beberapa waktu lalu menerjang beberapa titik Kota Pasuruan.

“Tim gabungan BPBD serta Dinas PU dan relawan membersihkan lumpur genangan khususnya yang ada di jalan raya,” kata Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Selasa (11/1/2022).

Banjir kembali melanda beberapa titik di Kota Pasuruan meskipun hari ini tidak turun hujan. Kondisi Pasuruan yang berada di hilir mengakibatkan hujan yang terjadi di hulu membuat sungai yang ada di Kota Pasuruan meluap.

“Saya sudah perintahkan personel di lapangan segera membersihkan belas bankir agar tak mengganggu,” ujarnya.

Gus Ipul juga telah minta Kepala BPBD Kota Pasuruan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak termasuk TNI jika sewaktu-waktu banjir tiba mereka bisa ikut bergerak membantu warga.

“Seluruh camat, lurah, kepala BPBD, Kadis PU dan semua dinas terkait dilarang ke luar kota selama masih musim penghujan,” terang Gus Ipul.

Seperti dikabarkan sebelumnya, sepanjang dua hari ini, Kota Pasuruan dilanda banjir di beberapa titik. Banjir pertama terjadi pada Senin (10/1/2022) malam kemarin kemudian pada hari Selasa (11/1/2022) banjir kembali terjadi.

Banjir di hari Senin disebabkan curah hujan tinggi di hulu dan hilir. Sedangkan banjir hari ini terjadi akibat hujan lebat di hulu sungai yang bermuara di Kota Pasuruan. (sam/rit).