Anggota Polres Probolinggo Kota Sukses Budidaya Lele Sistem Bioflok Omzet Belasan Juta 

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Agus Hariyanto

 

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Bripka Heidi Linggar Pratama, seorang anggota Polres Probolinggo Kota, kini sukses memanfaatkan lahan sempit untuk manfaatkan budidaya lele.

Budidaya lele sistem kolam bioflok dan prebiotik yang ditekuni sejak tahun 2009 ini, sudah beromzet belasan juta rupiah.

Pada awalnya suami Devi Silvianyca ini, mencoba budidaya lele dengan satu kolam lele bioflok berkapasitas 5 ribu ekor dengan modal awal Rp 3 juta, dan kini berkat ketekunan dan keuletanya, budidaya lele semakin berkembang dan sudah memiliki belasan kolam bioflok.

Tentang sistem prebiotik, pria beranak 3 ini menuturkan, pakan lele tersebut dicampur dengan prebiotik yang berfungsi memaksimalkan nutrisi dan berpengaruh pada tumbuh kembang lele.

“Untuk memaksimalkan lagi dibantu dengan aerator agar kebutuhan lele tercukupi,” ujar Linggar kepada wartawan Kabarpas.com biro Probolinggo. Jumat (9/10/2020).

Linggar menambahkan keberhasilan ini juga berkat motivasi Devi Sivianyca, yang selalu mensuportnya.

“Alhamdulillah istri juga mensuport sehingga bisa seperti ini,” tambahnya.

Berkat keberhasilanya, Heidi Lingga Pratama dipercaya oleh dinas pertanian setempat untuk memberi tutorial budidaya lele ke kelompok tani.

“Selain dinas pertanian, Polres juga memberi kepercayaan kepada kami untuk menularkan ilmunya kepada sesama anggota termasuk seniornya yang menjelang purna tugas,” tandasnya.

Selain menjual Ikan lele segar, dibantu istrinya juga memproduksi lele olahan, Seperti abon, pentol berbahan dasar lele. Dan juga memproduksi prebiotik sendiri.

Sementara itu AKBP Ambariyadi Wijaya Kapolres Probolinggo mengapresiasi dan bangga terhadap keuletan anak buahnya.

“Sebagai abdi negara jangan hanya mengandalkan gaji bulanan saja. Dengan wirausaha bisa menambah penghasilan untuk keperluan keluarga, ” tutupnya. (wil/gus).