Anggota DPRD Kota Pasuruan Ditahan Atas Dugaan Kasus Korupsi JLU

0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

Pasuruan, Kabarpas.com – Seorang anggota Komisi 1 DPRD Kota Pasuruan yang juga mantan Camat Gadingrejo berinisial S ditahan atas kasus dugaan korupsi akta jual beli tanah pembangunan proyek jalur lintas utara (JLU ).

Anggota dewan dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri Kota Pasuruan pada Senin (11/07/2022) sore.

Kejari juga menetapkan tersangka lain berinisial EW, seorang ASN Pemkot Pasuruan yang jadi pegawai Kantor Kecamatan Gadingrejo.

Kasi Intel Kejari Kota Pasuruan, Wahyu Susanto menjelaskan S terlibat dalam kasus dugaan korupsi saat ia masih berstatus sebagai Camat Gadingrejo.
S yang saat itu menjadi staff pejabat pembuat akta tanah sementara (PPATS) bersekongkol dengan EW untuk memanipulasi data akta tanah penerima ganti rugi proyek JLU.

“Saat itu peranan S selaku camat sekaligus PPATS yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek jalur lintas utara, ” ujar Wahyu.

Modus yang digunakan tersangka S adalah dengan melakukan pemalsuan data akta jual beli tanah.
Menurut Wahtu, S memasukkan akta jual beli tanah yang harusnya tidak masuk dalam trase JLU menjadi salah satu penerima yang dapat ganti rugi pembangunan proyek.

“Akta tanah yang seharusnya tidak kena trase JLU ini dinyatakan sebagai yang kena. Jadi ada orang yang tidak berhak dapat gantu rugi proyek JLU malah diuntungkan, ” ungkapnya.

Akta jual beli tersebut kemudian dijadikan tersangka S sebagai dasar pencairan proyek JLU.
Menurut Wahyu, sementara ini baru ditemukan sebidang tanah yang diduga dimainkan dalam kasus dugaan korupsi proyek JLU.
Adapun kerugian negara ditaksir mencapai Rp 118 juta.

“Tersangka S masih jadi salah satu orang yang dapat dimintakan pertangungjawaban. Kami masih terus melakukan pendalaman,” tandasnya.

Kini kedua tersangka kasus dugaan korupsi akta jual beli tanah proyek JLU ini ditaham selama 20 hari di Lapas Kelas II B Bangil Pasuruan. (emn/gus).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %