Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Advertorial · 30 Mei 2023 10:09 WIB ·

Albata Islamic School, Satu-satunya TK Montessori Berstandart Internasional di Surabaya


Albata Islamic School, Satu-satunya TK Montessori Berstandart Internasional di Surabaya Perbesar

Surabaya, Kabarpas.com – Taman Kanak-kanak (TK) Islam Albata adalah TK Islam Montessori pertama di Surabaya yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Albata. Sebagai Sekolah Montessori Islam, Albata memiliki pengalaman di dunia pendidikan anak-anak terutama mengenai keislaman dan TPQ.

Albata sendiri telah menerima penghargaan internasional atas kerjasama nya dengan Ikatan Muslim Indonesia di Denmark, sebagai salah satu partner untuk mengajar anak-anak di luar negeri.

Berdiri sejak tahun 2019 dengan mengawali sebagai kelas TPQ, Albata fokus untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas melalui
Albata Islamic Montessori School pada tahun 2021 lalu.

Albata Islamic Montessori School berada di Kawasan Surabaya Barat yang beralamatkan di Babatan Indah B9 no. 1 – 3, Wiyung, Surabaya. Letak TK islam Albata ini sangat strategis di pusat Surabaya Barat, sehingga memudahkan akses dari berbagai kawasan di Surabaya maupun luar daerah lain seperti Gresik.

Dengan menyediakan pendidikan lembaga pendidikan Islam berbasis Montessori yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam, Albata menjadi pilihan yang baik bagi orang tua yang mencari lembaga pendidikan yang berkualitas dan memberikan pendekatan pendidikan yang holistik bagi anak-anak di Surabaya, Jawa Timur.

Kepala Albata Islamic Montessori Surabaya, Ustadzah Mayasari Khuluki, S.Pd mengatakan Albata didirikan untuk menjawab kebutuhan orang tua yang ingin memberikan Pendidikan Islam yang bermutu, berkualitas dan terbaik untuk buah hati dalam mencetak generasi yang bertauhid kuat, bertaqwa, mandiri sejak kecil melalui pembelajaran yang menyenangkan dengan pendekatan metode Montessori.

“Metode Montessori adalah metode pendekatan Pendidikan yang dikembangkan oleh oleh Maria Montessori (Doktor Wanita pertama di Itali), Pendidikan Montessori menekankan pembelajaran langsung, pengalaman dan pendekatan yang berpusat pada anak. Ruang kelas Montessori dilengkapi dengan berbagai materi dan aktifitas yang dirancang untuk menstimulasi indera dan mendorong mereka untuk bereksplorasi. Sebagai orang dewasa pasti bisa membayangkan bagaimana asyik dan serunya saat anak-anak berada dikelas dengan menggunakan sistem pendekatan Montessori,” kata Ustadzah Mayasari dalam keterangannya.

Di Albata terdapat kelas formal dan nonformal. Untuk kelas formal, yaitu Kindergarten/TK (Offline) untuk anak usia 3-6 tahun. Dan untuk kelas nonformal yaitu Toddler Class (Offline dan Online) untuk anak usia minimal 1 tahun, dan TPQ Class (Offline dan Online) untuk anak usia 3-13 tahun.

Untuk Toddler Class Offline Albata sudah tersebar di beberapa kota besar, yaitu Surabaya (3 lokasi: Babatan, Gayungsari, Prapanca), Jakarta Selatan (2 lokasi: Pejaten, Permata Hijau), Jakarta Timur (1 lokasi: Pondok Bambu), Bogor (1 lokasi: Jl. Sancang), Depok (1 lokasi: Jl. Gema Insani), dan Bandung (1 lokasi: Jl. Ir. H. Juanda). Untuk TPQ Offline Class Albata berada di Surabaya (Gayungsari).

Sedangkan untuk Toddler Online Class dan TPQ Online Class telah diikuti oleh ribuan murid dari berbagai kota di Indonesia, bahkan luar negeri seperti Denmark.

“TK Islam Albata sendiri saat ini memiliki puluhan murid. Sedangkan untuk kelas Toddler dan TPQ Online maupun offline di seluruh Indonesia dan luar negeri sudah diikuti lebih dari 9.000 murid,” terang Ustadzah Mayasari.

Selain Metode Montessori TK Islam Albata juga memiliki beberapa program unggulan yaitu ;

  • My Morning Habit : Proses pembiasaan yang dilakukan pada pagi hari yakni berwudhu, sholat dhuha dan hafalan doa-doa harian.
  • I love Al Quran : Program menghafal dan memahami Al Quran juz 30 dan mengaji dengan metode ummi/ tilawati
  • I Can speak : Program pengembangan kemampuan berbahasa dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.
  • Ekstrakurikuler : Program Pengembangan minat dan potensi murid dalam kegiatan berenang dan berkuda.
  • Tahsin for parents : Orangtua murid mendapatkan fasilitas kelas Tahsin rutin.
  • Field Trip : Kegiatan Field Trip berupa kunjungan yang diadakan di luar sekolah, misal ke Kebun Binatang, Picnic Day di taman bermain, Dental Care.

Selain metode montessori untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, seluruh kelas Albata secara global memiliki beberapa kelebihan yaitu, memiliki kurikulum yang komperhensif dan terbaik, dengan memfokuskan pada tauhid, adab, fiqih, sirah, tahsin dan tahfidz.

Materi berdasarkan Quran dan Sunnah, yang menjadi landasan, nilai dan filosofi Albata, mempermudah anak belajar berdasarkan sumber-sumber keilmuan yang jelas dan kredibel. Selain itu, pengajar juga sangat kompeten yang disaring dari beberapa universitas terbaik.

Memiliki segudang prestasi dan program unggulan, tentunya membuat Albata Islamic Montessori School banyak diminati orang tua untuk mendaftarkan anaknya agar dapat mengenyam pendidikan yang terbaik.

Hal itu terbukti dengan data penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2023 dengan tersisa nya 1 seats untuk kuota kelas TK A di tahun ajaran depan.
Sedangkan untuk kelas TPQ dan Toddler, pendaftaran dibuka setiap bulan, dan hampir semua kelasnya selalu full kuota.

“Alhamdulillah animo masyarakat untuk mendaftarkan anak nya di Albata sangat baik dan luar biasa. Semua kelas TPQ dan Toddler penuh,” ungkap Mayasari.

Menurut Ustadzah Mayang, mengenal dan memahami potensi anak sejak dini adalah Langkah awal yang penting untuk kelanjutan kehidupan di masa depan. Anak memiliki segudang potensi yang ada dalam dirinya, dan orang tua wajib mengenali potensi anak sebelum mereka beranjak dewasa. (adv).

Artikel ini telah dibaca 368 kali

Baca Lainnya

KPU Kota Pasuruan Buka Pendaftaran Seleksi Pantarlih Pilgub Jatim dan Pilkada Kota Pasuruan 2024

18 Juni 2024 - 01:33 WIB

Tingkatkan Keselamatan, Bupati Blitar Resmikan Palang Pintu Kereta Api di Kelurahan Bence

4 Juni 2024 - 11:35 WIB

Bupati Blitar Ajak Anggota Bawaslu Tingkat Kelurahan dan Desa Netral Dalam Pilkada 2024

2 Juni 2024 - 13:40 WIB

Tekan Angka Pengangguran, Bupati Blitar Buka Job Fair dan Sajikan Ratusan Lowongan Kerja

31 Mei 2024 - 11:42 WIB

Rapat Paripurna DPRD, Bupati Blitar Sampaikan Penjelasan Terhadap Ranperda Pertanggungjawaban APBD TA 2023

30 Mei 2024 - 11:47 WIB

DPRD Trenggalek Gelar Paripurna, Berikut Pokok Bahasannya

29 Mei 2024 - 12:24 WIB

Trending di Advertorial