ADDAI Keluarkan Pernyataan Sikap Terkait Penusukan Syekh Jaber

Jakarta, Kabarpas.com – Memperhatikan kejadian penusukan yang dilakukan orang tak dikenal terhadap ulama, Syekh Ali Jaber pada Ahad 13 September 2020. Asosiasi Dai-Daiyah Indonesia (ADDAI) menyampaikan pernyataan sikap sebagai berikut:

  1. Perihatin atas kejadian yang menimpa Syekh Ali Jaber dan turut mendoakan semoga beliau segera sembuh.
  2. Menuntut proses hukum yang adil, fair, dan terbuka terhadap pelaku, termasuk kalau ada kemungkinan adanya pihak yang menyuruhnya.
  3. Mendorong pihak penyelenggara acara tablig akbar dan kegiatan sejenis yang mendatangkan banyak orang agar menerapkan protokol kesehatan dan protokol keamanan ketat yang memberi jaminan keamanan dan kenyamanan kepada semua dai yg tampil di ruang publik.
  4. Menolak segala bentuk teror, intimidasi, dan persekusi terhadap dai yang dilakukan secara tertutup maupun terbuka di ruang publik.
  5. Menghimbau masyarakat untuk menahan diri dari mengaitkan peristiwa ini dengan isu tertentu sebelum adanya kejelasan dari proses hukum agar tidak muncul spekulasi-spekulasi liar dan merugikan kita semua yang sedang dihantui pandemi.

 

“Demikian pernyataan ini. Semoga Allah swt melindungi kita semua, termasuk para ulama dan para dai,” terang Ketua Umum ADDAI, Dr Moch Syarif Hidayatullah kepada Kabarpas.com. (***/hib).