80 Tahun OCBC NISP Melaju Jauh untuk Indonesia

Jakarta, Kabarpas.com – OCBC NISP, salah satu pelopor perbankan di Indonesia, berkembang darisebuah bank kecil di kota Bandung pada tahun 1941 dan terus melajumemperkuat posisinya sebagai Bank ke-7 terbesar dari sisi aset dengan peringkat kredit salah satu tertinggi di Indonesia. Selama 80 tahun, OCBC NISP menjadi rekan seperjuangan masyarakat Indonesia yang tidak hanya bertahan, namun terus bangkit dan berkembang menjadi lebih baik dalam menghadapi berbagai tantangan serta krisis.

OCBC NISP berkomitmen untuk mengambil peran lebih besar, lebih dari sekadar mitra perbankan yang menyediakan solusi finansial, namun meraih visi menjadi “mitra tepercaya untuk meningkatkan kualitas hidup”. Hal ini dapat diwujudkan dengan tiga komitmen besar, yakni mendorong peningkatan literasi keuangan masyarakat, mendukung pengembangan para pelaku UMKM, dan keberlanjutan bisnisatau sustainability.

“Bank OCBC NISP percaya bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Untuk itu,kita harus mempersiapkan diri dengan mendorong masyarakat, mulai dari individu hingga pelaku usaha kecil dan besar, dengan mendukung pemerintah untuk mengubah pemahaman, kebiasaan, dan mindset masyarakatagar menciptakan masyarakat yangfinancially fit. Tidak hanya itu, OCBC NISP juga fokus pada pemberdayaan UMKM sebagai kontributor terbesar dalam perekonomian Indonesia. Terakhir, OCBC NISP mengambil peran lebih mendorong sustainability business melalui pembiayaan sektor bisnis yangdapat memberikan dampak positif bagi ekonomi, sosial dan lingkungan,” ujar Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC NISP.

OCBC NISP berkomitmen untuk mendukung setiap fase perkembangan bisnis nasabah korporasi, dengan menghadirkan solusi perbankan bisnis yang komprehensif, dimana nasabah korporasi dilayani oleh Relationship Manager yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan mendalam di berbagai sektor industri.

OCBC NISP juga sangat memahami bahwa tantangan dan kompetisi bisnis yang dihadapi nasabah korporasi semakin besar. Untuk itu,OCBC NISP menghadirkan berbagai inovasi, diantaranya adalah layanan Cash Management OCBC NISP, yang telah mendapatkan predikat Best Cash Management of The Year. Pengelolaan dana nasabah menjadi optimal disesuaikan dengan kegiatan dan skala usaha demi kenyamanan operasional bisnis.

“Terdapat layanan giro dengan transaksi mata uang asing hingga 12 mata uang yang terintegrasi dengan sistem treasury untuk memberikan live rates yang kompetitif untuk nasabah, manajemen arus kas perusahaan, pembayaran secara kolektif yang semuanya dapat diakses secara digital kapan saja dan di mana saja. Dalam membantu mengembangkan bisnis, OCBC NISP siap untuk menghubungkan nasabah dengan nasabah lain ataupun jaringan OCBC Group yang meliputi 530 kantor perwakilan di 19 negara,” terangnya.

Mobilitas tinggi juga menjadi tantangan tersendiri untuk nasabah korporasi, maka OCBC NISP menyediakan Velocity@ocbcnisp dalam versi web, yakni sebuah layanan perbankan digital yang dirancang untuk memberikan kebebasan bertransaksi seperti halnya bertransaksi di cabang, serta versi aplikasi untuk pengambilan keputusan keuangan yang lebih cepat via smartphone. Velocity@ocbcnisp dirancang dengan mengutamakan standar keamanan tertinggi dan skema otorisasi yang dapat disesuaikan dengan skala dan kebutuhan bisnis.

Komitmen pada sustainability business juga terefleksi pada solusi OCBC NISP Corporate Banking, dengan menjadi bank pertama yang menerima pembiayaan berwawasan lingkungan dari IFC – World Bank di Indonesia. Bank OCBC NISP berharap dapat mendukung nasabah korporasi agar lebih cepat mengadopsi praktik operasional usaha yang lebih ramah lingkungan. (Rls/Mel).