Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Sosial & Budaya · 2 Apr 2015 15:49 WIB ·

30 Ribu Benih Ikan Ditabur di Tengah Laut


30 Ribu Benih Ikan Ditabur di Tengah Laut Perbesar

Bangil (Kabarpas.com) – Untuk mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan dan meningkatkan populasi ikan di laut. Jajaran Polres Pasuruan melakukan penaburan 30 ribu benih ikan di tengah laut atau tepatnya di perairan selat Madura.

Pantauan Kabarpas.com,dalam kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kapolres Pasuruan, AKBP Ricky Purnama, Kapolresta Pasuruan, AKBP Asep Akbar Hikmana, Kapolairud Pasuruan AKP Slamet, Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Pasuruan, serta puluhan nelayan setempat.

“Kegiatan penaburan benih ikan ini adalah sebagai wujud dukungan polisi terhadap upaya pemerintah. Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan sebagai salah satu program pemerintah saat ini,” ujar Kapolres Pasuruan AKBP Ricky Purnama kepada Kabarpas.com saat ditemui seusai acara tersebut, Kamis, (02/04/2015) siang.

Dijelaskannya, tabur benih ikan dilakukan karena semakin menurunnya potensi sumber daya laut. Indikator penurunan potensi ikan ini diketahui dari semakin menurunnya hasil rata-rata tangkapan para nelayan, khususnya yang ada di wilayah setempat. Menurut Kapolres, kondisi itu tidaklah lain karena disebabkan oleh penggunaan alat tangkap ikan yang tidak ramah lingkungan, yakni seperti trawl, bondet, dan dan jaring payang.

“Ada 30 ribu benih ikan yang kami taburkan. Dimana benih yang ditaburkan itu berasal dari berbagai jenis ikan, diantaranya yaitu ikan bandeng, nila laut, krapu dan ikan kakap. Kami sangat berharap penaburan benih ikan ini bisa menambah hasil tangkapan ikan para nelayan yang saat ini mulai berkurang,” terangnya kepada Kabarpas.com

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasuruan, Slamet Nurhandoyo mengatakan, bahwa dalam per tahun jumlah tangkapan ikan untuk nelayan setempat yaitu berjumlah sekitar 7.800 ton. Menurutnya, jumlah tangkapan itu tak sebanding dengan jumlah rumah tangga perikanan yang mencapai 7.500.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan penaburan 30 ribu benih ikan ini, bisa membantu meningkatkan hasil tangkapan para nelayan yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan,” pungkasnya. (ajo/uje).

Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Resepsi HUT ke-41, FKPPI Probolinggo Bagikan Ratusan Sembako

12 September 2019 - 23:51 WIB

Opini : Impor Guru Sebagai Bentuk Penjajahan Baru?

15 Mei 2019 - 12:30 WIB

Empat SMP di Kabupaten Probolinggo Dinilai Tim Verifikasi Adiwiyata Jatim

27 April 2019 - 19:00 WIB

Pameran Expo Pembangunan Tampilkan Produk Unggulan UKM

27 April 2019 - 18:20 WIB

Ungkapan Rasa Syukur, Pemkab Probolinggo Tasyakuran dengan Potong Tumpeng

18 April 2019 - 17:22 WIB

Pemkab Probolinggo Sosialisasikan Fasilitasi HKI

6 Maret 2019 - 08:56 WIB

Trending di KABAR NUSANTARA