23 Desa di Kabupaten Pasuruan Krisis Air Bersih

Pasuruan, Kabarpas.com – Di musim kemarau tahun ini terdapat 23 Desa dari 7 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang masih mengalami kriris air bersih. Bahkan, hampir setiap harinya sejumlah desa yang terdampak kekeringan tersebut sejatinya masih disupply air bersih oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

23 Desa yang saat ini alami krisis air bersih tersebut, yaitu meliputi Desa Bulusari dan Wonosunyo, Kecamatan Gempol, di kawasan barat. Untuk Desa Jeladri, Kedungrejo dan Sumberrejo di Kecamatan Winongan, Desa Lumbang, Watulumbung, Cukurguling, Karangjati dan Karangasem, di Kecamatan Lumbang, bagian selatan.

Serta Desa Mangguan, Ngantungan, Sibon, Klakah, Pasrepan dan Petung di Kecamatan Pasrepan, Desa Pasinan, Balunganyar, Semedusari dan Wates di Kecamatan Lekok, Desa Kedungpengaron dan Oro-oro Pule di Kecamatan Kejayan, Desa Karanglo, Kecamatan Grati.”Pasokan air tetap dilakukan,” ungkap Tectona.

“Berdasarkan permintaan dari tiap kecamatan, dan setelah dilaksankan survey oleh tim ke desa yang mengalami kekeringan. Kami sudah mendistribusikan air ke 23 desa tersebut,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Tectona Jati saat dihubungi via seluler. Minggu (18/10/2020).

“Dengan dimulainya musim pancaroba pasokan air tersebut, dipastikan bisa diminimalisir,” tambahnya. (ziz/lsb).