14 Daerah di Pantura Jawa Timur Ramaikan Festival Kesenian Pesisir Utara

Pasuruan (Kabarpas.com) – Untuk pertama kalinya Kota Pasuruan menjadi tuan rumah Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU). Event tahunan yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) tersebut, diikuti oleh sebanyak 14 kota dan kabupaten yang ada di pesisir utara Jatim, Minggu (29/05/2016).

Pantauan Kabarpas.com di lokasi, para peserta pawai festival tersebut berjalan santai dengan memakai busana khas dari daerahnya masing-masing. Mereka berjalan dari depan Stadion Untung Suropati Kota Pasuruan dan menyusuri sepanjang Jalan Pahlawan, Dr Wahidin dan Jalan Sultan Agung. Hingga berakhir finish di halaman Gelanggang Olah Raga (GOR) Untung Suropati, kota setempat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Jarianto menyampaikan bahwa festival tersebut diikuti oleh 14 kota dan kabupaten yang ada di pesisir utara Jawa Timur.

“Kita patut bangga atas terselenggaranya festival ini secara berkelanjutan setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan bahwa Jawa Timur secara konsisten telah mendorong para seniman untuk terus berkarya, ” kata Jarianto kepada sejumlah wartawan di sela-sela acara.

Dijelaskan, dalam festival ini setiap daerah menampilkan kesenian khasnya masing-masing. Sebab hal itu sebagai sarana untuk melestarikan budaya dan ajang mengembangkan potensi kesenian yang ada di daerah masing-masing.

“Ini merupakan bagian dalam rangka melestarikan dan mengembangkan program pengelolaan keragaman seni budaya yang ada di setiap daerah, ” pungkasnya. (jon/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *