Totalitas, Tim PKM Yudharta Fasilitasi Desa Wisata Tosari Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Reporter : Ajo

Editor : Agus Hariyanto

Pasuruan, Kabarpas.com – Sebagai tanggung jawab sosial, Tim PKM (Program Pengabdian Kepada Masyarakat) Universitas Yudharta Pasuruan totalitas memfasilitasi pemuda tosari mengadapi Era Revolusi Industri 4.0 dalam bidang kepariwisataan.

Zainul Ahwan.M.I.Kom selaku ketua Tim PKM saat membuka Pelatihan Komunikasi Kepariwisataan di Aula Pendopo Desa Tosari mengatakan, bahwa pihaknya akan totalitas memfasilitasi Desa Wisata Tosari di kawasan Gunung Bromo hadapi Era Revolusi Industri 4.0.

“Setelah Pelatihan ini, untuk menompang lajunya Desa Wisata Tosari di era Revolusi Industri 4.0 perlu kita bangun Infrastruktur Langit, tim kami saat ini sudah menyiapkan www.wonderfulltosari.com sebagai Infrastruktur langit,” tutur Kaprodi Ilmu Komunikasi tersebut.

Selain itu, M. Hasyim salah satu Tim PKM manambahkan bahwa promosi pariwisata di kawasan Tosari menjadi hal urgen, harus segera dipersiapkan secara baik, untuk mendukung potensi wisata yang ada. Sehingga wisatawan lokal maupun mancanegara mengenal potensi wisata Tosari yang merupakan kawasan hinterland Gunung bromo dengan segala pesona alam serta budaya suku tengger yang unik dan menarik.

Ide Cemerlang tersebut, disambut baik oleh Pemerintah Setempat, Wafik Imron menyampaikan apresiasinya kepada Pihak Universitas Yudharta yang membantuh mengingkatkan SDM generasi muda dibidang komunikasi pariwisata. Sebab menurutnya Sumber Daya Alam Tosari memiliki potensi bagus tetapi Sumber daya Manusia perlu ditingkatkan dalam mengelolah wisata agar terkelolah professional dan berdampat terhadapat minat wisatawan Bromo mengunjungi Desa Wisata Tosari

“Potensi alam kita ini sangat bagus sebagai objek wisata misalnya ada kampong kelir, edukasi pertanian, tentu kita butuh SDM yang mumpuni dalam mengelolahnya, sehingah wisatawan bromo bisa tertarik, singgah kedesa kita,” tutur Kades Tosari dihadapan para peserta.

Salah satu peserta Agus menuturkan rasa senangnya mengikuti kegiatan ini, bahkan secara tegas aktifis Bala Daun tersebut siap mengelolah infrastruktur langit yang akan diluncurkan.

Selain agus, pemuda Tosari perwakilan dari Karang Taruna, Pokdarwis, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Komunitas Lingkungan (Bala Daun) serta Pelajar SLTA juga siap berkolaborasi dalam mengembangkan infrastruktur langit setelah digodok oleh Tim PKM Yudharta selama beberapa hari. (ajo/gus).