Terbakar, 13 Pendaki Asal Indonesia dan Singapura Terjebak di Gunung Raung

Reporter : Wanti

Editor : Sukiswati

 

Banyuwangi, Kabarpas. com- Pada hari Jumat 4 Oktober 2019 pada pukul 18.00 Wib telah terjadi kebakaran hutan di Gunung Raung, Banyuwangi Jawa Timur. Terdapat 13 orang pendaki yang terjebak di camp 9 yang belum bisa turun.

Agus Wibowo Kapusdatinmas BNPB mengatakan, ada 13 orang pendaki yang terjebak di gunung tersebut. Dari 13 orang itu ada warga negara Indonesia dan warga negara asing.

“Tim SAR Gabungan dari BPBD Kabupaten Banyuwangi, BPBD Kabupaten Bondowoso, BPBD Kabupaten Jember, BASARNAS, TNI/POLRI serta Relawan telah menuju lokasi kebakaran guna melakukan evakuasi terhadap pendaki, serta melakukan droping logistik dan membuat sekat bakar,” terangnya Sabtu (5/10/2019).

Dia menjelaskan, pendaki yang terjebak terdiri dari 2 porter, 2 guide, 2 WNI, 7 WNA Singapura. Para pendaki yang terjebak diantaranya ada Widi asal Banyuwangi, Sam asal Banyuwangi, Sinyo Gimbal asal Banyuwangi, Putri asal Banyuwangi, Lutfi Sofian asal Jember, Felisianus Jeremy asal Jakarta, dan tujuh WNA asal Singapura yang bernama Ng Hui-Lin, Kom Jun Wei, Shervon Ong, Teo Yi Xian, Pang Jia Hui, Beh Ing Tsyr, dan Chua Ying Jie.

Dia menerangkan, sekira pukul 22.00 Wib, 25 orang naik untuk melakukan pemadaman dan evakuasi korban.Perkembangan titik api saat ini merambat ke lokasi lain.

“Jalur pendakian sudah diamankan dari kebakaran. Dan diharapkan ke 13 pendaki dapat dievakuasi secepatnya,”pungkasnya. (wan/kis).