Soal Wisata, Bung Edi ‘Pemerintah Kurang Optimal Manfaatkan Potensi yang Ada’

0
72

Reporter : Dena Setya
Editor : Memey Mega

Malang, Kabarpas.com – Dalam diskusi Reboan yang digelar oleh Grup Malang Peduli Demokrasi (MPD) di Rumah Makan Kertanegara siang tadi, Rabu (6/12), salah satu narasumber dari partai Golkar Kota Malang, Sofyan Edy Jarwoko mengatakan Kota Malang memiliki potensi wisata yang banyak, mulai dari alamnya, pendidikannya juga wisata buatannya.

“Dari potensi alamnya, kita memiliki sungai yang membendung dua kota, yaknu sungai Brantas, jika digali potensi bisa menjadi aset yang luar biasa yang harus dioptimalkan, itu jika dilihat dari sisi kekayaan alamnya,” terang Bung Edy sapaannya.

Apalagi, lanjut Bung Edy, di Malang juga memiliki kegiatan seni budaya yang beranekaragam dan memiliki nilai histori, “Wisata di Kota Malang ini sangat banyak, hanya saja kurang optimal. Walaupun meman ada ihtiar-ihtiar yang kalau boleh disebut sifatnya isidentil tidak sistematik dan tertata dari sisi budaya,” imbuh Ketua DPD Partai Golkar Kota Malang tersebut.

Selain itu, sektor industri kreatif juga perlu diperhitungkan sebagai ikon wisata. Pemerintah harus mampu mengembangkan potensi anak muda sehingga mampu memunculkan ide-ide kreatif yang tidak hanya meningkatkan sektor ekonomi tapi juga industri wisatanya.

“Seperti kampung warna-warni, itu akan bermula dari ide kreatif mahasiswa-mahasiswa. Malang itu sangat berpotensi kembangkan wisata ekonomi kreatif. Malang ini tempatnya, banyak anak muda, mahasiswa yanv memiliki kreatifitas luar biasa. Dan itu bisa dijadikan potensi wisata,” katanya. (Den/Mey)