Sambut HSN 2019, Polisi dan TNI di Probolinggo Gelar Touring Bersama Santri

Reporter : Amelia Putri

Editor : Anis Natasya

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-4 tahun 2019, Polres Probolinggo bersama Kodim 0820 Probolinggo dan Pondok Pesantren Zainul Hasan (Zaha) Genggong mengadakan touring bersama dengan kalangan santri.

Touring bersama dengan memakai sarung dan sorban dan rute sejauh 35 kilometer ini mengambil start dari Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong dan finish di halaman Mapolres Probolinggo. Touring dengan menggunakan motor tempoe doeloe kombinasi motor modifikasi terbaru ini diikuti oleh berbagai club se-Probolinggo Raya.

Kegiatan touring bersama ini dipimpin oleh Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo dan Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong KH Mohammad Haris Damanhuri.

Kapolres Probolinggo Eddwi Kurniyanto mengungkapkan touring Kamtibmas ini dinilai sangat efektif sekali. Sebab, dengan touring ini Polri bisa melakukan pendekatan terhadap kalangan santri dan masyarakat umum seperti apa tata cara untuk berkendara yang tepat.

“Kami juga memberikan himbauan tentang cara berkendara meski memakai sarung dan sorban. Touring kamtibmas ini dilakukan untuk menyambut peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-4. Dengan kegiatan ini, masyarakat khususnya kalangan santri memahami bagaimana peran santri dalam pembangunan,” katanya.

Sementara Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong KH. Mohammad Haris Damanhuri menyampaikan touring Kamtibmas safety riding ini sangat bermanfaat sekali bagi di kalangan pesantren yang biasanya naik motor dengan memakai sarung dan atribut santri lainnya. Bersama Polri pesantren akan lebih memahami tata cara berkendara saat memakai sarung dan sorban.

“Melalui kegiatan ini, santri bisa membiasakan safety riding bersarung seperti kebiasaan orang pesantren. Alhamdulillah, Polres Probolinggo selama ini sudah kami anggap bagian dari keluarga pesantren,” ungkap Gus Haris, sapaan akrab KH Mohammad Haris Damanhuri. (mel/nis).