Respon Cepat Penanganan Dampak Angin Puting Beliung Tongas

Reporter Amelia Putri
Editor : Anis Natasya

Probolinggo, Kabarpas.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo bersama beberapa instansi terkait segera bergerak cepat melakukan penanganan dampak cuaca buruk berupa angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Tongas pada Rabu (6/3/2019), pukul 15.30 hingga 16.00 WIB.

“Akibat kejadian ini sebanyak 19 pohon tumbang di sepanjang Jalan Kabupaten di Desa Tambakrejo dan beberapa titik di Desa Curahtulis Kecamatan Tongas,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi.

Tidak hanya itu, dalam kejadian tersebut terdapat korban jiwa 1 (satu) orang meninggal dunia akibat tertimpa pohon bernama Abdurrohim asal Dusun Pandean RT 3 RW 12 Desa Nguling Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Serta 61 rumah rusak akibat terjangan angin puting beliung serta akses jalan di Desa Tambakrejo terputus.

Rabu (6/3/2019) malam, dilaksanakan rapat koordinasi (rakor) di lokasi kejadian untuk membahas langkah-langkah penanganan selanjutnya yang dihadiri oleh Forkopimka Tongas, Kepala Desa Tambakrejo, BPBD, Wakapolres Probolinggo Kota beserta Kasat Sabhara dan TAGANA.

“Dikarenakan kondisi cuaca masih buruk disertai listrik padam, maka diputuskan penanganan dilaksanakan pada hari Kamis bersama-sama oleh BPBD dan TRC PB, Dinas Sosial dan TAGANA, Dinas PUPR, Kodim 0820, Polres Probolinggo Kota, RSUD Tongas, masyarakat dan relawan Pramuka, MDMC dan sebagainya dengan jumlah personil diperkirakan 200 orang,” jelas Anggit.

Kamis (7/3/2019), pembersihan dilakukan dengan bantuan alat berat dari Dinas PUPR dan secara manual dimulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Selama pelaksanaan berlangsung lancar, aman dan kondusif.

“Kebutuhan konsumsi selama pembersihan didukung oleh Dapur Umum Dinas Sosial dengan menyediakan 700 nasi bungkus diperuntukkan bagi warga dan aparat serta relawan di lapangan. RSUD Tongas juga ikut berpartisipasi dalam penanganan ini dengan membagikan suplemen tambahan bagi personil yang bertugas,” terang Anggit.

Sebagai upaya penanganan darurat sementara bagi rumah warga yang terdampak dengan tingkat kerusakan berat sudah dibantu tenda terpal sebanyak 8 (delapan) lembar dari BPBD. Selain rumah, kerusakan juga dialami oleh SPBU AKR Tambakrejo, Indomaret Tambakrejo dan beberapa rumah makan di sekitarnya. Terdapat sebanyak 3 (tiga) buah tiang listrik roboh dan beberapa tiang Jaringan Telkom tertimpa pohon.

“Saat ini sudah dalam proses penanganan oleh PLN dan Telkom dengan harapan pasokan listrik yang terputus bisa tersambung dan sambungan jaringan Telkom bisa pulih kembali. Tetap waspada selama musim hujan berlangsung. Jangan panik segera berlindung apabila cuaca ekstrem terjadi,” pungkasnya. (mel/nis)