Pabrik Aqua Pasuruan Ajak Puluhan Siswa Difabel Tanam Pohon di Lereng Gunung Arjuno

Reporter : Ajo

Editor : Agus Hariyanto

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Sebagai bentuk komitmennya peduli terhadap lingkungan, PT Tirta Investama (Pabrik Aqua Pasuruan) senantiasa menjaga kelestarian alam. Bahkan bertepatan di momen Hari Difabel Internasional 2019 ini, pabrik Aqua Pasuruan mengajak puluhan siswa difabel untuk melakukan penanaman pohon di lereng gunung arjuno. Selasa, (3/12/2019).

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengawali upaya menghijaukan kembali areal arjuno pasca kebakaran hutan arjuno dan angin puting beliung beberapa bulan lalu,” ujar Kepala Pabrik AQUA Pandaan Aditya Lukmansyah kepada Kabarpas.com saat ditemui di sela – sela acara media gathering bertajuk “Harmonisasi Merawat Bumi” yang berlangsung di Taman Keanekaragaman Hayati, Blok Sapen, Kelurahan Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Dijelaskan, dalam moment kali ini pihaknya sengajak mengundang siswa difabel dari Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Pandaan bergabung dengan PAUD Karangjati dan jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

“Kami sangat prihatin dengan kebakaran hutan yang terjadi lalu, kawasan yang kami konservasi sejak 2009 juga termasuk yang dilalap api, tapi dengan semangat lestari kami tidak menyerah untuk menghijaukannya kembali, harmoni bersama kita semua yang hadir disini untuk merawat bumi,” ujarnya.

Di Pasuruan sendiri, kedua Pabrik AQUA yaitu di Pandaan dan Keboncandi telah menjangkau hampir 2000 jiwa penerima manfaat melalui Program Konservasi. Wujudnya adalah dengan mengembangkan Taman Kehati di recharge area di kedua pabrik. Untuk Blok Sapen, AQUA mengembangkan Arjuna Lestari yang menjaga kelestarian luasan 29 ha terdiri dari 30% hutan lindung dan 70% hutan produksi yang dikelola Perhutani.

“Media adalah mitra strategis untuk menyuarakan inisiatif-inisiatif kebaikan, termasuk untuk pelestarian lingkungan, dengan mengajak difabel SLBN Pandaan dan anak-anak PAUD Karangjati kami berharap bahwa semakin banyak pihak akan ikut terlibat dan tidak ada batasan untuk ambil peran mengembalikan kelestarian lereng Arjuno. Bersama dalam Harmoni Merawat Bumi,” pungkasnya. (ajo/gus).