Inilah 10 Terbaik Pelayanan Publik di Kota Pasuruan yang Raih Penghargaan dari Pemkot 

Reporter : Ajo

Editor : Titin Sukmawati

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Bagian Organisasi Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan, menggelar acara Penghargaan Penilaian Pelayanan Publik Tingkat Kota Tahun 2019. Acara ini berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kota Pasuruan, Jumat (1/11/2019).

Tampak hadir yaitu Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala OPD Se-Kota Pasuruan, Camat dan Lurah Se-Kota Pasuruan serta undangan lain.

Menurut Kepala Bagian Organisasi Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat mengatakan, tujuan penyelenggara penilaian unit pelayanan publik Tingkat Kota Pasuruan Tahun 2019 adalah untuk mengetahui sejauh mana unit pelayanan publik dapat melayani masyarakat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bahrul Ulum mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada 10 unit pelayanan publik terbaik Tingkat Kota Pasuruan diharapkan dapat memacu unit pelayanan publik lainnya agar terus meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

“Pimpinan unit pelayanan publik dituntut mengerahkan seluruh sumberdaya terbaik agar pelayanannya benar-benar meningkat. Di era industri 4.0, adalah sangat ketinggalan apabila kita bekerja tanpa mengedepankan kreativitas dan teknologi modern yang dikemas dalam bentuk inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan, dengan digitalisasi sistem, setiap unit pelayanan mulai bekerja secara kolektif. pelayanan berbasis teknologi tentu sejalan dengan implementasi sistem pemerintahan berbasis elektronik (spbe) atau e-government.sekarang ini lebih terlihat mendekati kenyataan karena pelayanan tidak sekedar dari masing-masing, tetapi sudah menjadi collective action.

Lebih lanjut dikatakan, meskipun belum semua inovasi menerapkan pola terintegrasi,

“Saya menilai beberapa diantaranya telah mengambil langkah signifikan menuju arah tersebut. Perlahan tapi pasti, semua data masyarakat Kota Pasuruan akan terhubung. sekarang dengan adanya teknologi itu, mempererat dan memberikan peran masing-masing untuk menciptakan sesuatu pelayanan yang tidak lagi terpecah dan sendiri-sendiri. Marilah dengan komitmen bersama, kita benar-benar bisa menunjukkan dan mewujudkan apa yang menjadi kebutuhan dan harapan masyarakat agar kualitas pelayanan semakin meningkat dan pada akhirnya kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Kota Pasuruan juga akan meningkat,” tegasnya.

Pada kesempatan ini Sekretaris Daerah Kota Pasuruan juga mengucapkan selamat kepada penerima penghargaan dan terima kasih kepada semua penyelenggara pelayanan publik yang telah melaksanakan pelayanan dengan baik.

“Tingkatkan semangat dan kreatifitas dalam berinovasi agar tidak ketingalan dengan dunia yang semakin canggih dan modern,” tambahnya.

Adapun Tahapan Penilaian :
a. Bagian Organisasi telah mengundang 140 Unit Penyelenggara Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan acara sosialisasi penilaian unit pelayanan publik tingkat Kota Pasuruan Tahun 2019 yang dilaksanakan pada Hari Kamis Tanggal 18 April 2019 bertempat Gedung Gradhika Bhakti Praja.
b. Penilaian Mandiri
Dari 140 Unit Penyelenggara Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan yang mengikuti sosialisasi penilaian unit pelayanan publik tingkat Kota Pasuruan Tahun 2019, hanya 19 Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yang mengumpulkan berkas penilaian mandiri dalam bentuk soft copy dan hard copy yang dikumpulkan paling lambat tanggal 18 Mei 2019.
c. Rapat Tim Juri membahas hasil penilaian mandiri dilaksanakan pada :
Hari Selasa Tanggal 27 Agustus 2019 berempat di Ruang Rapat “Untung Suropati” pada Sekretariat Daerah Kota Pasuruan
d. Kunjungan Lapangan oleh Tim Juri untuk melihat bukti pendukung yang dilampirkan pada hasil penilaian mandiri dengan kondisi yang ada di lapangan, dilaksanakan pada Hari Rabu sampai dengan Kamis Tanggal 28 sampai dengan 29 Agustus 2019 bertempat di Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
e. Rapat penentuan 10 terbaik oleh Tim Juri dilaksanakan pada Hari Jum’at Tanggal 30 Agustus 2019 bertempat di Ruang Rapat “Untung Suropati” pada Sekretariat Daerah Kota Pasuruan
f. Dari hasil penilaian oleh Tim Juri Penilaian Unit Pelayanan Publik Tahun 2019, maka ditetapkan 10 Unit Pelayanan Publik Terbaik Tingkat Kota Pasuruan Tahun 2019 sebagai berikut :

1. Terbaik 1 : RSUD dr. R. Soedarsono
2. Terbaik 2 : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
3. Terbaik 3 : Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan
Perijinan Terpadu
Terbaik 4 : UPT. SMP Negeri 5
Terbaik 5 : UPT. SD Negeri Gentong
Terbaik 6 : UPT. Puskesmas Gadingrejo
Terbaik 7 : UPT. Puskesmas Kebonsari
Terbaik 8 : Badan Pendapatan Daerah
Terbaik 9 : Kecamatan Panggungrejo
Terbaik 10 : Kecamatan Gadingrejo

Sedangkan untuk Tim Penilai, yaitu meliputi Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Kota Pasuruan
Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pasuruan, Kepala Bagian Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan, Kepala Bidang Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja Kota Pasuruan
Kepala Sub Bagian Ketatalaksanaan dan Pengembangan Pelayanan Publik pada Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pasuruan. (ajo/tin).