Gulo Ancang, Cemilan Legit yang Semakin Langka

0
179

Reporter : Alfi Rusdiati

Editor : Memey Mega

Pasuruan, Kabarpas.com – Pasuruan merupakan kota yang kaya akan kulinernya. Banyak sekali makanan yang bisa kita temui saat berkunjung ke Kota Pasuruan.

Gulo Ancang atau gulo kacang merupakan salah satu camilan legit yang paling populer, namun sekarang, cemilan yang terbuat dari kacang tanah dan gula aren ini sangat sulit di temui.

Pak Mad (70) warga Desa Kalisat Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu pedagang gulo ancang yang masih bertahan. Beliau masih konsisten berjualan gulo ancang sejak 30 tahun yang lalu.

Pak Mad biasa memanfaatkan momen-momen besar di Pasuruan untuk berjualan gulo ancang. Beliau bermaksud mengingatkan orang-orang tentang makanan khas Pasuruan.

“Kalau ada acara besar seperti Khaul Kyai Hamid gini, saya senang mbak. Karena saya bisa menjual lebih banyak gulo ancang. Saya sehari bisa menjual sampai 3 kwintal gulo ancang,” ujar Pak Mad.

Memang, khaul Kyai Hamid memberikan banyak berkah bagi para pedagang seper Pak Mad. Karena banyak jamaah yang membeli gulo ancangnya. Ini membuat nama gulo ancang semakin di kenal oleh masyarakat. Terutama jamaah dari luar kota yang hadir di khaul tersebut.

Gulo ancang yang rasanya legit ini, bisa kita temui pada hari-hari biasa di dekat Taman Candra Wilwatikta Pandaan. Jadi kita masih bisa mencicipi cemilan khas Pasuruan ini, meskipun tidak ada acara besar. (Alf/Mey)