Dorong Promosi Wisata Tosari, Tim PKM Yudharta Ajari Public Relation (PuRel)

Reporter : Moch Umar

Editor : Agus Hariyanto

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Ditetapkannya Gunung Bromo sebagai 10 destinasi wisata prioritas nasional, menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Pasalnya, mereka harus banyak terobosan inovasi agar wisatawan Gunung Bromo terpikat ke Tosari. Hal tersebut diutarakan Kepala Desa Tosari, Wafik Imron saat memberikan motivasi kepada Peserta Pelatihan Komunikasi Kepariwisataan yang diselengarakan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Yudharta Pasuruan, di Balai Desa Tosari.

Dalam Pelatihan tersebut, tim PKM Yudharta mengajari PuRel (Public Relation) kepariwisataan peserta dibekali kemampuan memetakan problem kepariwisataan, merumuskan inovasi dalam membangun citra positif destinasi wisata di Tosari sehingga nantinya diharapkan mampu mendorong wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk melakukan kunjungan ke wisata yang ada di Kecamatan Tosari.

“Public Relation dalam dunia pariwisata sangat penting, untuk membangun citra atau branding, menemu kenali problem dan potensi pariwisata serta merancang program pariwisata, agar mendorong wisatawan berkunjung kebromo lewat sini,” tutur Zainul Ahwan saat memberikan materi PuRel.

Penyampaian materi purel menjadi sesuatu yang sangat menarik sehingga membuat peserta pelatihan yang terdiri dari perwakilan Karang Taruna, Pokdarwis, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Komunitas Lingkungan (BalaDaun) serta Pelajar SMA Tosari sangat antusias.

Pada sesi pelatihan tersebut menggunakan pendekatan teori serta praktik, sehingga peserta mampu mengidentifikasi dan menganalisa permasalahan dan potensi, serta merancang program kepariwisataan dikawasan Tosari untuk mendorong kunjungan wisatawan di kawasan Tosari. (umr/gus).