Antisipasi Bencana di Musim Penghujan, Ini yang Dilakukan BPBD Kabupaten Probolinggo

Reporter : Amelia Putri

Editor : Anis Natasya

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo melalui Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi melaksanakan kerja bakti bersama masyarakat dan Pemerintah Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas, kabupaten setempat. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi bencana di saat musim hujan tiba.

Kegiatan ini dimulai dengan membersihkan saluran air di sepanjang sungai Desa Tambakrejo dan membuat tembok penahan tebing darurat menggunakan karung berisi pasir.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk rehabilitasi mengingat ketika musim hujan lalu beberapa permukiman tergenang banjir akibat luapan sungai.

“Hal ini juga disebabkan karena plengsengan sungai yang tererosi akibat peningkatan debit dan volume air sungai terutama ketika hujan deras di daerah hulu,” katanya kepada Kabarpas.com.

Selain masyarakat, kerja bakti ini juga dihadiri oleh pemerintah desa dan beberapa personil dari BPBD serta Camat Tongas. “Sebagai upaya jangka panjang BPBD juga akan melaksanakan koordinasi rutin bersama OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang berwenang terkait normalisasi sungai tersebut,” jelasnya.

Anggit menambahkan kegiatan ini bertujuan mendorong kawasan pemulihan terdampak bencana dengan sasaran meningkatnya pemulihan pasca bencana. Kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan upaya yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Probolinggo.

“Dengan harapan dapat mengurangi kekhawatiran masyarakat setempat terhadap terjadinya kembali bencana di lokasi tersebut,” pungkasnya. (mel/nis).