Kelurahan Rampal Claket Ingin Tingkatkan Batik Tulis Malang

Reporter : Albar
Editor : Memey Mega

Malang, Kabarpas.com – Malang tidak hanya terkenal dengan wisata kuliner dan sejarahnya, tapi budaya serta kerajinan khas Malang juga layak menjadi ikon wisata Kota Malang. Salah satunya batik Malang yang legendaris.

“Malang ini punya ciri khas yang unik dan karakteristik. Salah satunya ya batiknya ini. Motifnya beraneka macam yang menggambarkan ciri khas Malang,” ujar Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko yang ikut hadir dalam ketrampilan batik tulis yang dilaksanakan di Kelurahan Rampal Celaket Klojen, Kota Malang siang ini, Kamis (15/8).

Abdul Hanan Jalil, Owner Batik Tulis Celaket yang memfasilitasi kegiatan ini juga mengatakan jika tujuannya menyelenggarakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan warga Rampal Celaket serta perekonomiannya.

“Agar warga Malang terampil dan mampu menumbuhkan kreativitas sendiri bahkan jika ada yang berkenan untuk jadi karyawan BTC ini tak tampung. Kami siap,” terang Hanan.

Pelatihan ini melibatkan masyarakat disekitar wilayah Rampal Celaket. Anggota DPRD Kota Malang, Suryadi juga turut hadir untuk melihat langsung potensi yang ada di Kota Malang, “Malang ini sudah kaya dari budayanya, pendidikannya, sejarahnya juga. Tinggal gimana kita mengelolahnya dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat. Disini pemerintah juga berperan penting untuk mendorong itu semua,” tutup politisi Partai Golkar tersebut. (Bar/Mey)