Menjelajahi Hutan ala Petualang di Taman Negara Malaysia

Di episode ini, Kabarpas.com dengan Ayo Piknik Mlg kembali mengulas tentang wisata yang ada Malaysia. Dan kali ini, kita akan mengunjungi wisata anti mainstream yang ada di Taman Negara Malaysia, Pahang. Berikut laporan dari liputan khusus jurnalis Kabarpas dan Ayo Piknik Mlg.

——————————————————
Oleh : Memey Mega, dari Malaysia
——————————————————

Kabarps.com – Mungkin sudah banyak yang tahu jika Malaysia memiliki hutan hujan tropis yang luas dan disebut Taman Negara Malaysia (TNM). Tapi, tak banyak wisatawan yang datang karena lokasi yang cukup jauh dan menantang.

Bagi yang memiliki jiwa petualang, pasti akan tertarik mengunjungi TNM yang berlokasi di Kuala Tahan, Jerantut, Pahang Darul Makmur, Malaysia. Dengan luas sekitar 4.300 km persegi, hutan ini memberikan semua yang diinginkan oleh penjelajah hutan. Taman Negara memiliki kekayaan alam yang luar biasa, termasuk pohon-pohon tua dan besar.

Dikutip dari buku panduan Perjalanan Wisata Malaysia, ternyata hutan ini sudah ada sejak kurang lebih 130 juta tahun yang lalu. Sehingga wajar jika saat ini, Taman Negara menjadi surga bagi para penikmat alam. Menelusuri hutan yang lebat menjadi kegiatan paling menarik di sini.

Ada dua alternatif untuk mengunjungi Taman Negara Malaysia. Pertama, kalian bisa pergi kesana dengan perahu boat. Tentunya banyak pengalaman yang dirasakan. Kita akan berada di atas sungai selama 3 jam. Melihat hutan Pahang dari dekat dan melihat orang-orang lokal memancing. Alternatif kedua yakni dengan bis dari terminal Jerantut menuju Kuala Tahan. Perjalanan tidak lama hanya 1 jam.

Kegiatan paling populer di Taman Negara adalah berlayar, memancing dan trekking ke hutan. Jalur bernama titian kanopi atau ‘canopy walk’ wajib Anda lihat, karena menawarkan pemandangan dari dekat yang sangat fantastis ke aktivitas di kanopi hutan ini. Tempat pengamatan yang tersembunyi juga merupakan cara yang bagus untuk melihat margasatwa liar. Pondok-pondok sederhana yang dibangun tinggi di atas tanah memungkinkan tamu untuk bermalam, untuk mendapat kesempatan melihat berbagai satwa di habitat alami mereka. Jelajah gua juga tersedia, baik dengan perahu maupun jalan kaki.

Jangan khawatir kesasar didalam hutan, karena semua fasilitas dan akomodasi sudah tersedia dengan baik di sini.

Penasaran ingin liburan anti mainstream di Malaysia? Kalian bisa langsung konsultasikan liburan kalian bersama Ayo Piknik Mlg dan Kabarpas.com.
(bersambung)