Gunung Bromo Meletus Disertai Gempa Vulkanik

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Agus Hariyanto

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Hasil pengamatan Pusat Vulkanologi Metigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) PGA Gunung Bromo di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, menunjukkan bahwa Gunung Bromo meletus. Jumat, (19/07/2019)

Hasil rekaman Seismograf, Gempa Tremor terus terjadi dengan amplitudo maksimum 37 MM dengan durasi 7 Menit, 14 Detik .

Letusan terjadi sebanyak 3 kali kejadian disertai Gempa Vulkanik dangkal sebanyak 1 kali. Dan material yang dikeluarkan berupa abu vulkanik.

Kendati demikian, PVMBG tidak bisa memastikan berapa ketinggian kolom asap, karena kondisi Gunung Bromo diselimuti kabut dan hujan.

Kepada wartawan kabarpas.com , Kasbani kepala PVMBG menjelaskan, letusan Gunung Bromo terjadi pada jam 16.30 WIB dan Gunung Bromo masih Level II atau waspada.

‚ÄúDihimbau kepada masyarakat dan wisatawan agar tidak panik dan beraktivitas seperti biasa, dan direkomendasikan tidak memasuki zona larangan yaitu radius 1 kilometer dari bibir kawah. Petugas akan terus mengamati perkembangan gunung Bromo dan akan disampaikan ke instansi terkait seperti TNBTS, Dan BPBD Kabupaten Probolinggo,” tutup Kasbani. (wil/gus).