Mustasyar NU Probolinggo Apresiasi Rapat Pleno di PPK Berlangsung Jurdil dan Demokratis

Reporter : Amelia Putri

Editor : Anis Natasya

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Pelaksanaan Pemilihan Umum 2019 di Kabupaten Probolinggo berjalan jujur dan Transparan. Atas keberhasilan itu, membuat sejumlah tokoh, baik tokoh agama, tokoh ulama mengapresiasi jalannya rapat pleno di tingkat PPK, karena mampu berjalan Jurdil dan Demokratis.

Mustasyar NU Kabupaten Probolinggo KH Hasan Aminuddin mengatakan, pihaknya merasa bangga pada sejumlah PPK di 24 Kecamatan dan para petugas PPS yang menyebar di 325 desa dan 5 kelurahan, karena mampu menanamkan kepercayaan masyarakat pada PPK dan KPU sebagai penyelenggara pemilihan.

“Dalam hal ini, saya (Hasan Aminuddin) mengapresiasi pada PPS, PPK dan KPU di Kabupaten Probolinggo, karena mampu mempertahankan kepercayaan publik sebagai penyelenggara pemilu,”ungkap Pengasuh Ponpes Hati di Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan ini.

Kepercayaan publik yang dimaksud oleh Hasan Aminuddin, karena pasca rekapitulasi tingkat kecamatan dan kabupaten sendiri, para saksi sudah menerima dengan lapang dada.

“Masyakarat Kabupaten Probolinggo, masih mampu tersenyum manis dan tidak ada aksi turun jalan atas keberatan dari penyelenggara pemilu. Berarti, mereka (Saksi) menerima hasil Rekapitulasi dengan lapang dada,” ungkapnya.

Dengan begitu lanjutnya, pemilu kali ini bisa menghasilkan pemimpin yang baik dan adil ke depannya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara pemilu, dalam hal ini KPU, Polri-TNI, dan semua unsur terkait sehingga terwujud pemilu yang aman, lancar, tertib, dan damai,” jelasnya.

Bahkan dia mengajak kepada seluruh tokoh agama dan ulama untuk menciptakan kondisi yang kondusif pasca pemilu. Bahkan, jangan masyarakat bercerai berai oleh kepentingan politik sesaat dalam kontestasi pemilu.

“Marilah tingkatkan persaudaraan, apa pun latar belakang agama, budaya, partai politik dan seterusnya sudah selesai proses politik ini,” terangnya.

Sementara itu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tiris, Hartono menyampaikan, pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu tahun 2019 ditingkat PPK berlangsung dengan lancar, aman, jurdil, sangat transparan dan demokratis.

Hartono juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam menggunakan hak suaranya pada Pemilu tahun 2019 ini.

“Saya sebagai Teknis di tingkat PPK, menjadi saksi sejarah baru, kalau pemilu berjalan aman dan Demokratis. Apalagi, jumlah partisipasi pemilih daerah Kecamatan Tiris sangat tinggi,”jelasnya.

Selain itu, pada TNI – Polri yang telah bekerja keras untuk mengamankan dan mengawal seluruh tahapan Pemilu tahun 2019 ini sehingga berlangsung dengan aman dan kondusif.

“Para aparat keamanan dari TNI dan Polres Probolinggo mampu mengamankan jalannya pemilu. Ya inilah keadaan yang sebenarnya di tingkat kecamatan dan semuanya berjalan aman dan transparan,” pungkasnya. (mel/nis).