Ini Khasiat Air Rendaman Kurma untuk Kesehatan

Oleh : Diaz Octa, Redaktur Kabarpas

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Buah kurma sudah menjadi menu khas saat Bulan Ramadan. Buah manis dari tanah sekitar Teluk Persia tersebut menjadi favorit menu untuk takjil.

Selain dimakan secara langsung, buah kurma juga bisa dijadikan untuk bahan membuat kue. Tidak hanya itu, buah kurma juga bisa dibuat wedang (minuman).

Selain itu, rendaman air kurma atau disebut Air Nabeez merupakan minuman kegemaran Nabi Muhammad SAW. Seperti dilansir dari https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-4543631/tren-air-nabeez-atau-infused-water-kurma-saat-ramadhan?tag_from=wpm_nhl_4.

Air Nabeez memiliki khasiat diantaranya membantu menyembuhkan tingkat keasaman lambung yang tinggi, meningkatkan kerja sistem pencernaan karena mengandung serat yang cukup tinggi, serta mampu mempengaruhi kadar asam urat.

Cara membuat air nabeez yakni merendam kurma ke dalam air matang selama sekitar 8-12 jam. Kurma yang disarankan berjumlah ganjil. Air nabeez ini cocok diminum saat sahur untuk penambah energi selama seharian berpuasa. (***).