Harjakapro ke-273, Pemkab Ziarahi Makam Kiai Djojolelono dan Djojonegoro

Reporter : Amelia Putri

Editor : Anis Natasya

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-273,  ditandai dengan ziarah ke makam Bupati Probolinggo pertama Kiai Djojolelono dan Bupati Kedua Raden Tumenggung Djojonegoro, Kamis (18/4/2019).

Ziarah makam ini dipimpin langsung oleh Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari didampingi Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kegiatan ziarah ini diawali di makam Bupati Probolinggo pertama Kiai Djojolelono di tempat pemakaman Kampung Sentono, Kelurahan Mangunharjo Kota Probolinggo. Kiai Djojolelono sendiri menjabat sebagai bupati pada tahun 1748-1768.

Ziarah makam ini dibuka dengan pembacaan surat Yaasin yang dipimpin oleh Ketua IPHI Kabupaten Probolinggo KH Masrur Nashor. Kemudian dilakukan tahlil bersama dipimpin oleh Ketua PCNU Kabupaten Probolinggo KH. Abdul Hadi Saifullah dan doa bersama dipimpin Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Probolinggo KH. Jamaludin Al Hariri.

Kegiatan yang sama juga dilakukan di makam Bupati Probolinggo kedua Raden Tumenggung Djojonegoro yang berada di komplek pemakaman umum di belakang Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo. Raden Tumenggung Djojonegoro memimpin dalam kurun waktu 1768 hingga 1805.

Seusai acara tahlil dan doa bersama dilanjutkan dengan pelaksanaan tabur bunga di makam Kiai Djojolelono dan Djojonegoro. Tabur bunga ini diawali oleh Bupati Tantri dan Wabup Timbul. Kemudian dilanjutkan oleh Sekda Soeparwiyono dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari mengungkapkan bahwa ziarah ini untuk mengenang dan menghormati para leluhur yang telah berjasa mendirikan dan membangun Kabupaten Probolinggo, khususnya Kiai Djojolelono sebagai Bupati pertama dan Raden Tumenggung Djojonegoro sebagai Bupati kedua.

“Jasa-jasa orang yang telah berjuang terhadap kemajuan di Kabupaten Probolinggo harus kita hargai bersama. Semoga peringatan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo ke-273 ini membawa keberkahan, semakin baik dan berkembang pembangunan di Kabupaten Probolinggo serta semakin meningkatnya perekonomian masyarakat Kabupaten Probolinggo,” harapnya. (mel/nis).