RSUD Sidoarjo Siapkan 20 Kamar Untuk Caleg Gagal

Reporter : Januar Fahmi

Editor : Diaz Octa

 

 

Sidoarjo, Kabarpas.com – Jelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo, menyiapkan 20 kamar di Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk mengantisipasi lonjakan pasien yang mengalami gangguan kejiwaan dan depresi.

Direktur RSUD Sidoarjo, dr. Atok Irawan mengatakan, 20 kamar tersebut dipersiapkan untuk menampung para Caleg yang mengalami depresi atau stres setelah mengalami kegagalan dalam pencalegannya.

“Ini merupakan langkah antisipasi atas kemungkinan yang terjadi,” ujarnya, Selasa (16/4/2019).

Ditambahkan dr Atok, setelah dilakukan pemeriksaan dan apabila diputuskan untuk dilakukan rawat inap, pihaknya juga sudah menyiapkan 20 kamar di Paviliun.

“Ada 20 kamar di Graha Delta Husada untuk rawat inap,” terangnya.

Selain menyiapkan kamar para Caleg gagal yang mengalami gangguan kejiwaan, juga disiapkan tenaga medis yang terdiri dari lima dokter Psikolog, satu dokter Psikiater dan dua perawat.

“Para tenaga medis tersebut sekaligus dilengkapi dengan peralatan yang menunjang untuk penyembuhan para pasien ini,” tuturnya.

Diakuinya, keberadaan poli khusus kejiwaan sebenarnya sudah ada di RSUD Sidoarjo. Seperti saat Pemilu yang lalu, banyak caleg gagal yang mengalami depresi dan stres. Untuk itu ruangan untuk pasien menderita kejiwaan dimanfaatkan.

“Tidak ada ruangan khusus, tapi memang sudah ada dari dulu,” imbuhnya.

Berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya, rumah sakit plat merah tersebut sempat merawat beberapa caleg yang mengalami gangguan kejiwaan akibat kegagalan tersebut. Namun demikian, mereka tidak sampai dilakukan rawat inap.

“Namun diagnosisnya hanya neorosa dan psikosomatis tidak sampai psikotik atau gangguan kejiwaan parah. Semua tertangani dengan baik dan hanya rawat jalan saja,“ terangnya. (jan/diz)