Pemkab Probolinggo Minta Masyarakat Stop Pemotongan Sapi Betina Produktif

Reporter : Amelia Putri

Editor : Anis Natasya

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) meminta masyarakat untuk menghentikan pemotongan sapi betina produktif.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Endang Sri Wahyuni melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan bahwa pemotongan ternak di luar RPH saat hajatan harus melaporkan terlebih dahulu kepada para dokter hewan setempat dan petugas teknis peternakan kecamatan agar mendatakan pengawasan dan pemeriksaan terlebih dahulu.

“Harapannya nanti daging yang dikonsumsi masyarakat saat hajatan layak untuk dikonsumsi,” tegasnya.

DPKH Kabupaten Probolinggo juga menyampaikan program menjelang Idul Adha tahun 2019. Diantaranya, adanya pelatihan juleha gratis, khususnya bagi para panitia qurban maupun takmir masjid, pengawasan dan pendataan ternak menjelang dan saat Idul Qurban.

“Dan nanti kami juga akan melakukan pengambilan sample bahan pangan asal hewan yang beredar di masyarakat untuk diuji di UPT Laboratorium Keswan Malang, serta sosialisasi pemberian dan penempelan striker di kios daging yang mengambil dan memotong di RPH,” tutupnya. (mel/nis).