Pemkot Pasuruan Laksanakan Musrembang 2020

Reporter : Ajo

Editor : Agus Hariyanto

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan sukses melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Pasuruan Tahun 2020.

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Pasuruan ini, berlangsung mulai hari Kamis sampai Jumat besok (21-22/03/2019), di Hotel BJ Perdana Kota Pasuruan.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Pasuruan serta dihadiri sejumlah 300 orang yakni, Kepala Badan Koordinasi Wilayah V Jember mewakili Bappeda Provinsi Jawa Timur, Ketua/Wakil Ketua/Anggota DPRD Kota Pasuruan, Forkompimda Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala Dinas/Badan/Inspektur/Bagian/Camat, Tokoh Agama, Pimpinan Perguruan Tinggi, Ketua Organisasi Profesi, Organisasi Masyarakat, Delegasi Kecamatan serta undangan lain.

Kepala Bappelitbangda Kota Pasuruan Adri Djoko Srijono mengatakan, tema yang diambil dalam Musrenbang ini adalah peningkatan sumber daya manusia guna memacu daya saing dan kualitas pembangunan.

“Maksud kegiatan ini adalah untuk melibatkan pemangku kepentingan dalam menyusun rancangan RKPD tahun 2020. Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu menyerap masukan, aspirasi masyarakat yang konstruktif dalam perencanaan pembangunan, mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam menyusun rencana pembangunan Kota Pasuruan,” ujarnya.

Dijelaskan, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi, menyepakati prioritas pembangunan daerah serta penyelarasan usulan kelurahan melalui Musrenbang kecamatan dengan program kegiatan perangkat daerah.

Sementara Wakil Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo, mengharapkan dengan melalui penjaringan aspirasi masyarakat dalam musyawarah ini, pihaknya mampu memperoleh keselarasan langkah dalam memperbaiki kesejahteraan masyarakat di Kota Pasuruan.

“Yang tentu saja, mengarah pada visi pembangunan Kota Pasuruan tahun 2016-2021 yakni untuk mewujudkan Kota Pasuruan lebih sejahtera, mandiri dan berdaya saing dengan perdagangan, jasa dan industri.
Seusai sambutan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber,” tegasnya.

Adapun mekanisme Musrenbang RKPD Kota Pasuruan Tahun 2020 dilakukan sebagai berikut yakni pembukaan dan pengarahan dilanjutkan dengan sidang kelompok secara partisipatif, dengan membagi 4 kelompok yaitu kelompok prasarana dan sarana fisik/infrastuktur, kelompok sosial budaya, kelompok ekonomi dan kelompok Pemerintahan. (ajo/gus).