Kepergok Bobol Rumah Warga, Pria Ini Nyaris Dimassa

Reporter : Sugeng Hariyono

Editor : Agus Hariyanto

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Seorang pria nyaris menjadi bulan-bulanan warga. Itu setelah aksinya membobol sebuah rumah di Perum Tambak Yudan Makmur, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan kepergok oleh warga setempat.

Saat itu, pelaku yang diketahui bernama Novian Febri (27) warga Kelurahan Mandaranrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan datang ke salah satu rumah milik Yuli (42), dengan mengedarai honda Beat warna putih nopol N 5877 TAL.

Kemudian motor pelaku tersebut di parkir di depan pagar rumah dalam keadaan kunci motor masih terpasang, lalu pelaku pun beraksi dengan mencongkel jendela pintu utama dengan menggunakan obeng. Namun, ia tidak berhasil sehingga mencoba untuk mencongkel cendela pintu samping dari sisi utara hingga akhirnya berhasil dibuka.

Setelah itu, Novian Febri masuk dan mengacak-ngacak barang barang yang berada di dalam rumah tersebut. Dan tak lama kemudian, ia pun membawa TV LED ukuran 40 inc dan mengambil smartphone milik Yuli.

Nah, saat itulah satpam yang berada di komplek perumahan melintas di depan rumah korban. Dan satpam tersebut kemudian curiga karena melihat kunci motor di depan pagar rumah korban masih melekat. Sehingga ia berniat masuk ke dalam rumah korban untuk mengingatkan agar kunci motornya diamankan.

“Pelaku yang berada di dalam rumah korban mendengar bahwa ada satpam yang akan masuk ke rumah. Sehingga pelaku panik dan berusaha untuk kabur,” ujar Kanitreskrim Polsek Pondok, Bripka Hendra Tri.

Ia menambahkan, pelaku mencoba untuk kabur dengan menggunakan tangga dan masuk lubang atap ruangan dapur. Lalu pelaku melintasi genting atas dan melompat ke samping rumah utara yang tak jauh dari rumah korban. “Ketika itulah warga melihat pelaku, sehingga langsung segera menangkap pelaku secara beramai-ramai,” imbuhnya.

Warga yang geram dengan pelaku meluapkan emosinya dan hendak melakukan aksi main hakim sendiri. Beruntung petugas kepolisian datang tepat waktu. Sehingga emosi warga tersebut berhasil diredam dan pelaku langsung diamankan.

“Kami mengamankan pelaku dengan barang bukti berupa TV LED dan smartphone yang akan dicuri, serta sepeda motor Beat milik pelaku. Dan kini kami masih mendalami aksi pencurian ini ,” pungkasnya. (yon/gus).