Wow, Goa Boki Moruru, Goa Tak Berujung yang Ada Di Indonesia

Reporter : Albar
Editor : Memey Mega

Weda, kabarpas.com- terkesan mustahil di dunia ini terdapat goa yang tak berujung, kenyataannya Goa Boki Moruru sampai saat ini belum ditemukan ujungnya.

Goa Boki Moruru adalah salah satu goa yang terletak di Bumi Fagogoru, tepatnya di Desa Sagea, Kec Weda Utara Kab, Hal-Teng Maluku Utara. Arti lain dari Boki Moruru adalah Putri yang menghanyutkan diri, konon menurut cerita rakyat dahulunya terdapat salah satu Putri dari kesultanan Tidore yang menghanyutkan diri hingga ke muara sungai akhirnya goa ini diberi nama Boki Moruru (Putri yang menghanyutkan diri).

Kisaran tahun 1996 tim ekspedisi dari Prancis penasaran dengan Goa tersebut, sehingga melakukan perjalanan menyusuri Goa mencapai 30 Km atau selama satu Minggu namun tidak menemukan ujung goa ini, karena kehabisan logistik dan terdapat ratusan lorong didalam goa sehingga tim ekspedisi segera keluar dari goa.

Selain panjang goa, banyak keindahan alam diluar maupun didalam gua diantaranya tebing yang menjadi gerbang masuk dan hamparan pulau-pulau kecil di depan goa serta kejernihan air sungai, sementara didalam goa terdapat jutaan stalaktit dan stalakmit yang menyerupai patung manusia, istana kerajaan dll.

Untuk menempuh perjalanan menuju goa ini, pengunjung biasanya menggunakan perahu ketinting atau speed boat yang disediakan oleh warga setempat karena jarak dari Desa Sagea ke Gua sekitar 5 Km atau menempuh waktu kurang lebih 30 menit. Lebih pentingnya pengunjung harus didampingi oleh salah satu warga lokal karena gua ini masih terdapat hal-hal mistis dan kondisi medan yang rumit karena banyak lorong didalam goa. (bar/mey)