Wow, Satu Rumah Satu Air Manjur, Cara Warga Sidoarjo Peduli Lingkungan

Reporter : Dita Lia
Editor : Memey Mega

Sidoarjo, Kabarpas.com – Ada yang baru dan unik yang dilakukan warga Dusun Karangpoh, Desa Punokawan, Krian, Sidoarjo dalam mempercantik kampunya tapi tetap peduli lingkungan.

Selain mengecat rumah denga warna warni dan menghias dengan bunga serta gambar yang unik, mereka juga membuat air mancur di depan rumah masing-masing.

“Secara sinkronasi ini merupakan program pemberdayaan masyarakat yakni ‘Sadar akan bahaya sampah’. Nuansa pelangi lahir dari kepedulian dan kebersamaan masyarakat,
dengan adanya Penghijauan kampung warna warni dan miniatur air mancur sebagai icon unggulan,” terang Sonya, salah satu warga Dusun Karangpoh, Minggu (17/2).

Menurut bos dari RR Tour n Travel ini, alasan memilih nuansa pelangi karena saat ini sedang digandrungi dan menjadi destinasi wisata yang ramai, “Nuansa pelangi yang notabenenya sedang berkembang dari dasar, masih butuh banyak arahan dan suport secara global,” imbuh wanita cantik ini.

Kampung tersebut menjadi lebih berwarna atas inisiasi dari Ketua RT 2, Kukuh Raharja. Menurutnya, ide tersebut muncuk usai berkunjung disalah satu kampung di Jawa Timur, “Dari situ saya berfikiran bahwa RT saya juga bisa membuat yang serupa,” ungkapnya.

“Awalnya tidak mudah, karena di RT ini kan ada sekitar 127 KK, dan susah juga mengumpulkan dan membuat orang – orang sepikiran dengan kita. Ada pro dan kontra juga. Jadi dimulai dari beberapa rumah dulu, alhamdulillah responnya bagus dan akhirnya meluasa kerumah lainnya,” tutup pria 57 tahun tersebut. (dit/mey)