Berkunjung ke Kampung Seni yang Kampanyekan Jaga Kebersihan dan Kesehatan Lewat Lukisan

Laporan : Moch Wildanov, Wartawan Kabarpas Biro Probolinggo.

 

 

KABARPAS.COM – BERBAGAI macam cara dilakukan untuk mengantisipasi mewabahnya Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Probolinggo, salah satunya yaitu dengan cara mengubah tembok kumuh menjadi indah penuh lukisan yang menarik dan mempesona, serta tulisan pesan moral tentang kebersihan, dan pemberantasan sarang nyamuk dengan teknik 3 M (Menguras, Mengubur, dan Menutup) kantong air.

Kampung kreatif yang merubah tembok kumuh tersebut berada di Kawasan Merpati atau jalan Sunan Bonang, Kelurahan Jati, Kota Probolinggo.

Tembok di sepanjang jalan ini yang sebelunya kosong, dan tampak kumuh kini berubah menjadi indah dan layaknya berada di tempat wisata.

Kepada wartawan kabarpos.com, Indah Pratiwi, Kreator kampung lukis menuturkan, tujuan kampung lukis ini hanya untuk memperindah kampung ini dan berpesan tentang artinya hidup bersih dan sehat.

“Dengan banyaknya lukisan di tembok atau bisa dikatakan moral ini, masyarakat akan tertarik untuk melihatnya dan tak sadar membaca membaca tulisan tersebut, “ujarnya.

Menurutnya, dengan sering membaca maka akan tertanam di pikira untuk selalu ingat dan melakukan kebersihan.

“Sebenarnya pesan moral di lukisan ini tidak hanya tentang peringatan penyakit demam berdarah aja, pola hidup sehat tidak merokok juga ada, ya pokoknya tentang prilaku hidup sehat,” terangnya.

Dan dengan upaya tersebut dilakukan hingga kini, menurut catatan Dinkes kota setempat, untuk penderita DBD di kawasan Merpati masih belum ada laporan. (***/Agus Hariyanto).