Banjir Kembali Kepung Pasuruan

Reporter : Abdur Rozaq

Editor : Agus Hariyanto

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Hujan deras yang terjadi pada Minggu (10/2/2019) sore, mengakibatkan sejumlah aliran sungai di wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan meluap. Alhasil, sejumlah tempat di Pasuruan pun kembali dikepung banjir. Salah satunya yaitu banjir setinggi 50 hingga 60 cm yang terjadi di Dusun Patung, Kelurahan Bakalan, Kecamatan Bugulkidul, Kota Pasuruan.

Banjir terparah merendam RT 1/RW 3. Beberapa rumah warga sudah terendam banjir sejak pertama kali air meluap dari sungai Petung sekitar pukul 18.00 WIB.

Menurut Zainal (70), banjir terjadi akibat jebolnya tanggul sungai.

Dari pantauan Kabarpas.com, tanggul sungai yang hingga kini belum juga diplengseng meski bibir sungai hanya berjarak sekitar 2 meter dari pemukiman warga itu, memang sudah rapuh karena terbuat dari sanbag atau sak berisi pasir.

“Jebol dari sini mas. Tanggul sepertinya jebol akibat adanya lubang tikus,” jelasnya kepada Kabarpas.com di lokasi.

Rumah Zainal sendiri yang hanya berjarak sekitar 2 meter dari tanggul yang jebol, terendam banjir hingga setinggi lutut orang dewasa.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Namun, aktivitas warga ditengarai akan terhambat akibat air bah membawa lumpur.

Untuk sekadar diketahui, sejumlah tempat yang terendam banjir, diantaranya yaitu Nduyo, Kraton, dan beberapa tempat lainnya. (zaq/gus).