Unit Donor Darah PMI Kota Probolinggo Raih ISO dari Equal Assurance Australia

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Agus Hariyanto

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Sistem manajemen Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Probolinggo mendapat apresiasi tingkat internasional berupa sertifikat ISO 9001:2015 dari Equal Assurance Australia.

Pemberian sertifikat ISO ini diserahkan oleh pihak assurance kepada Ketua PMI Kota Probolinggo, Indi Eko Yanuarto, dengan disaksikan Wali Kota Probolingo, Rukmini.

Sertifikat itu diberikan karena UDD PMI Kota Probolinggo menunjukkan quality management systems dalam memberikan blood donation services and production of blood product in the form of whole blood, packed red blood cells, liquid plasma, platelets and platelet rich plasma (layanan donor darah dan produksi produk darah dalam bentuk darah lengkap, sel darah merah dalam kemasan/kantong, plasma cair, platelet dan plasma kaya platelet).

“Ini adalah hasil dari kerja keras,  sehingga posisi ISO 9001:2015 bisa kami dapatkan. Alhamdulillah, meski banyak penilaian dan temuan bersifat minor serta usulan yang berisi kebaikan. Usulan konstruktif untuk UDD PMI sendiri. Ini yang kami tunggu-tunggu,” kata Indi Eko Yanuarto kepada wartawan Kabarpas biro Probolinggo.

Menurutnya, action mengikuti penilaian sertifikasi merupakan hasil musyawarah kerja Provinsi Jawa Timur yang menyatakan UDD PMI se-Jawa Timur melakukan ISO 9001:2015.

Ia menambahkan, selama ini darah dari UDD PMI Kota Probolinggo juga dimanfaatkan sampai ke seluruh Probolinggo baik di kota atau kabupaten.

“Selain UDD, poli PMI juga akan melakukan perbaikan sehingga PMI tidak hanya terlihat wujudnya saja tetapi dampaknya pada masyarakat jangan terasa kurang. Ini yang sekarang kami dengungkan pada seluruh stakeholder PMI. Besar harapan kami, pengakuan legalitas menjadikan PMI terus berkembang,” harap Indi.

Selama ini yang menjadi mitra dalam mendistribusikan darah adalah RSUD dr Mohamad Saleh. Pasalnya, sebanyak 70 persen darah di UDD atas permintaan dari RSUD di Kota Probolinggo tersebut.

“Saya sampaikan terima kasih, semoga bisa menjadi terus menerus. Terima kasih kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang telah memberikan izinnya kepada kami sehingga kami berhak menerima sertifikat,” tutupnya. (wil/gus).

Silakan kirim info Anda