Pos Kesehatan Masjid Agung Ar-Raudlah Kraksaan Beri Solusi Atasi Masalah Kesehatan Masyarakat

Reporter : Amelia Putri

Editor : Anis Natasya

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Bagi warga Kota Kraksaan dan sekitarnya, terutama jamaah Masjid Agung Ar-Raudlah tidak perlu bingung-bingung lagi ketika sedang sakit atau kesehatannya terganggu. Pasalnya, saat ini sudah ada Pos Kesehatan yang dibentuk oleh Takmir Masjid Agung Ar-Raudlah yang siap memberikan solusi dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat.

Pelayanan kesehatan di Pos Kesehatan Masjid Agung Ar-Raudlah dibuka setiap hari Jum’at selesai Sholat Jum’at sampai pukul 16.00 dan hari Ahad mulai pukul 06.30 sampai 10.00. Khusus untuk momentum peringatan hari besar Islam, pelayanan kesehatan akan diberikan secara gratis.

“Pelayanan kesehatan di Pos Kesehatan Masjid Agung Ar-Raudlah ini diberikan dengan tujuan untuk membantu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujar Koordinator Pelayanan Kesehatan Masjid Agung Ar-Raudlah Sugianto.

Pelayanan kesehatan yang diberikan antara lain pemeriksaan kesehatan gratis, cek gula darah gratis, cek asam urat gratis, cek kolesterol gratis, pemberian obat simtomatik serta konsultasi keluarga baru dan remaja. “Semua masyarakat yang datang ke pos kesehatan ini akan dilayani dengan baik oleh petugas kesehatan. Intinya, datanglah sesuai waktu yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Menurut Sugianto, keberadaan Pos Kesehatan Masjid Agung Ar-Raudlah ini telah terbentuk sejak tahun 2016 lalu. Hanya saja pelayanan kesehatan yang diberikan mulai terjadwal dengan baik sejak beberapa tahun terakhir. Setiap tahun, pelayanan yang diberikan terus ditingkatkan demi memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

“Untuk tahun pertama terbentuk, kami masih dalam tahap menata sarana dan prasarana kesehatan. Selanjutnya, kami membentuk SDM sebagai tenaga profesional yang akan melayani masyarakat. Alhamdulillah, saat ini pos pelayanan kesehatan ini sudah berjalan dengan baik, meskipun masih membutuhkan beberapa penyempurnaan. Namun sudah mulai bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” terangnya.

Dengan adanya pos kesehatan di Masjid Agung Ar-Raudlah ini, Sugianto mengharapkan masyarakat bisa lebih menerapkan budaya hidup sehat dengan periksa secara rutin dan lebih rutin datang ke masjid, karena setelah Jum’atan langsung periksa ke pos kesehatan. (adv).