Jaga Kelestarian Lingkungan, PT Amerta Indah Otsuka Tanam 6000 Pohon di Lereng Gunung Bromo

Reporter : Ajo

Editor : Titin Sukmawati

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Melalui program Satu Hati Peduli Lingkungan, PT Amerta Indah Otsuka selaku produsen minuman isotonik Pocari Sweat, makanan bernutrisi Soyjoy, Oronamin C dan Ion Water berkomitmen untuk ikut berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Melalui penanaman 6.000 bibit pohon, penghijauan yang dilakukan oleh PT Amerta Indah Otsuka merupakan kegiatan yang bersifat berkesinambungan untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik.

“Satu Hati Peduli Lingkungan dari PT Amerta Indah Otsuka merupakan bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan. Penanaman 6.000 pohon di kawasan Perhutani adalah salah satu implementasinya,” kata Pratiwi Juniarsih selaku Corporate Affair’s Director PT Amerta Indah Otsuka.

Dijelaskan, kawasan Purwodadi ini termasuk area tangkapan air untuk daerah Pasuruan. Penanaman bibit pohon ini dilaksanakan bersama komunitas pegiat lingkungan Sanggar Indonesia Hijau di kawasan lereng Gunung Bromo, yang bertempat di Dusun Sempu, Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Bibit pohon yang ditanam merupakan bibit pohon buah, seperti pohon sukun, pohon alpukat, pohon sirsak, pohon salam, dan pohon bendo, dan semuanya ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Titik kawasan ini termasuk dalam alternatif penghijauan yang ada di dalam kajian Hidrogeologi Perusahaan,” ungkapnya.

Selain menanam 6.000 bibit pohon, PT Amerta Indah Otsuka bekerjasama dengan SI Hijau dan Perhutani sepakat melakukan pemantauan dan tindak lanjut dari program ini yang mengarah kepada kebaikan Lingkungan dan peningkatan kemandirian kelompok masyarakat.

“Alam telah memberi kita berbagai manfaat, untuk itu keadaan alam kita pastinya akan memberikan dampak yang besar di kehidupan manusia. Solusi utama untuk menyelamatkan lingkungan adalah melalui penanaman pohon,” kata Sugiarto, Ketua Sanggar Indonesia Hijau.

Ia menambahkan, dalam melakukan konservasi lingkungan, peran masyarakat sangat diperlukan karena alam merupakan kebutuhan mutlak bagi manusia.

“Dan itu tergantung bagaimana kita menjaga keberlangsungan alam ini. Partisipasi masyarakat sangatlah diperlukan untuk menentukan keberlangsungan program ini. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah bagi para masyarakat untuk menjaga keberlangsungan alam,” tutupnya. (ajo/tin).