Polres Probolinggo Beri Penghargaan ke Nahkoda Penolong 7 ABK Multi Prima yang Tenggelam

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Titin Sukmawati

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Aksi heroik Nahkoda Kapal Cahaya Abadi 201 beserta 14 ABK-nya yang berhasil menolong dan menyelamatkan 7 ABK Kapal Multi Prima 1 yang tenggelam mendapat apresiasi dari dua Kapolres di Probolinggo.

Yakni, Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurnianto dan Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian Nurrizal. Secara bergantian kedua kapolres tersebut memberikan kalung bunga dan penghargaan kepada Yulius Indrajati Alfa Nahkoda dan perwakilan 14 ABK kapal Cahaya 201.

“Berkat kepedulianya, 7 dari 14 ABK Kapal Multi Prima 1 yang tenggelam berhasil diselamatkan,” ujar AKBP Alfian Nurrizal, Kapolres Probolinggo.

“Ini adalah bentuk solidaritas dan kepedulian yang harus tertanam di jiwa pelaut Indonesia,” tambahnya.

Sementara, Yulius Indrajati Alfa, Nahkoda Kapal Cahaya Abadi 201 menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh dua pimpinan kapolres tersebut.

“Kita hanya sekedar membantu sesama profesi, dan sekitar radius 20 Mil. Kami melihat signal tanda ABK meninggalkan kapal sebanyak 2 kali di perairan Sumbawa dan saya langsung mendatangi dan berusaha menolong,” ujar Yulius Indrajati Alfa kepada Kabarpas.com.

Namun setelah sampai, lanjut Yulius menambahkan bahwa ia hanya menjumpai puing puing kapal.

“Sehingga kami fokuskan mencari sekoci kapal Multi Prima 1.
Selama 4 jam tidak menemukan sekoci akhirnya kami menemukan ABK Multi Prima 1 yang tercecer di lautan, ” terangnya.

Setelah maksimal hanya berhasil menemukan 7 ABK, ia pun memutuskan untuk menuju pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo sambil berkoordinasi dengan otoritas terkait bahwa masih 7 ABK lagi yang masih belum diketemukan. (wil/tin).