Begini Cara Bunda Eza Berikan Pemahaman ke Masyarakat Tentang Pentingnya Menuhi Hak Anak

Reporter : Sebi Utomo

Editor : Abu Avzalea

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Anak merupakan titipan dan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Merawat, menjaga, dan memenuhi hak anak merupakan kewajiban dari orang tua. Hak anak, diantaranya mendapat dokumen kependudukan sebagai warga negara.

Salah satu dokumen kependudukan yang wajib dimiliki setiap anak adalah akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA). Tepatnya di Hotel Darusalam, Kota Pasuruan, Kamis sore (08/10), Evi Zainal Abidin anggota DPR RI dari komisi VIII memberikan sosialisasi pada masyarakat akan pentingnya Akta Kelahiran untuk anak.

Menurut wanita berhijab yang akrab disapa Bunda Eza ini, kepemilikan akta kelahiran anak sebagai wujud pemenuhan kewajiban dan tanggung jawab orang tua terhadap anak.

“Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan memberikan kesadaran tertib adminstrasi kependudukan masyarakat terhadap pentingnya memenuhi hak anak yang salah satunya yaitu memiliki akta kelahiran,” terangnya.

Lebih lanjut, Bunda Eza menambahkan bahwa hal ini perlu dilakukan mengingat masih banyak masyarakat yang belum memahami pentingnya akta kelahiran dan tidak mengetahui prosedur dan persyaratan pengajuan akta kelahiran.

“Akta kelahiran merupakan bukti sah identitas seorang anak, apabila orang tua yang mempunyai status nikah siri atau anak yang tidak diketahui identitas orang tuanya diberi kemudahan dalam pengurusan akta kelahiran, ” jelas Evi Zainal Abidin, yang juga merupakan anggota DPR RI dari Komisi VIII. (sbi/abu).